Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Penghasilan Bisnis Warung Lewat Digital

Bisnis warung bisa ditingkatkan dengan solusi digital untuk memperluas pasar.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 16 Oktober 2021  |  10:16 WIB
Pemilik warung
Pemilik warung

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis usaha warung rumahan merupakan konsep jual beli tradisional, dan bertahan hingga saat ini.

Warung rumahan ini, pasti ada di hampir semua komplek perumahan. Jumlahnya pun bisa lebih dari belasan dalam satu komplek yang sama.

Saat ini, dengan banyaknya ritel yang bermunculan, menjadi salah satu persaingan bagi bisnis warung rumahan. Karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan transaksi dengan cara mengandalkan teknologi.

Perusahaan teknologi yang memberi solusi terintegrasi pada ekosistem bisnis warung, Warung Pintar Group mencoba mengembangkan produk dan layanan untuk pemilik warung maupun toko kelontong, pengusaha grosir, distributor, hingga brand via pengembangan digital. 

Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar Group mengatakan  Warung Pintar memiliki visi untuk menghadirkan inklusivitas digital dan ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

"Kami selalu mengutamakan pertumbuhan dari bisnis yang pemilik warung bangun. Tak hanya terus menyempurnakan rantai pasok, kami juga memastikan setiap warung yang bergabung dapat tumbuh menjadi lebih besar bahkan berdampak untuk warung dan masyarakat di sekitarnya. Tiap warung adalah perpanjangan tangan kami untuk mewujudkan visi kami dan hal tersebut dapat terjadi berkat gotong royong semua pihak termasuk para juragan toko grosir,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Dia menjelaskan Indonesia memiliki perkiraan populasi 260 juta dengan lebih dari 50 juta UMKM, dimana 98% di antaranya adalah pengusaha mikro dengan pendapatan tahunan di bawah $40.000. Tantangannya bukan hanya menyediakan solusi digital, tapi bagaimana memberikan akses setiap pelaku industrinya untuk bisa tumbuh bersama. Oleh karena itu, Warung Pintar menjawab permasalahan tersebut dengan menghadirkan solusi terlengkap dan terintegrasi bagi ekosistem bisnis warung.

Salah satu pengguna layanan Warung Pintar Group Dwi Sayekti, pemilik Warung Pintar Kuning Jaya di Jakarta Timur mengakui telah bergabung bersama Warung Pintar sejak April 2018.

Dwi Sayekti mengingat kembali masa terpuruknya saat bangkrut menjalankan bisnis handphone yang membuat Juragan Dwi harus rela menjual seluruh asetnya.

Dwi pun mencoba solusi digital Warung Pintar dan menjadikan lahan miliknya yang hanya seluas 1x1,5 meter menjadi warung sederhana. Sedikit demi sedikit, dia bisa mengumpulkan modal untuk menumbuhkan bisnisnya, dengan mengandalkan suplai stok dari Warung Pintar untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik.

Pada awal 2020 pandemi melanda, Dwi semakin memutar otak untuk dapat bertahan dan mencoba beradaptasi dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi bagi bisnisnya. Di saat yang sama, Warung Pintar meluncurkan layanan Grosir pintar, sebuah layanan berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberi akses bagi pengusaha grosir dalam melakukan manajemen inventaris, menjangkau pasar atau pelanggan yang lebih luas yaitu pengguna Aplikasi Warung Pintar, serta memperoleh kemudahan dari segi logistik.

Akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan modal yang telah terkumpul untuk mentransformasi warung kecilnya menjadi toko grosir dan menjadi bagian dalam Grosir Pintar.

"Pelan tapi pasti mulai dari kecil, saya dapat bertumbuh bersama Warung Pintar menjadi lebih besar. Pengguna aplikasi Warung Pintar sekitar toko grosir saya, dapat saya jangkau dengan mudah lewat aplikasi Grosir Pintar sehingga pendapatan saya semakin meningkat, mulai dari omset 2 juta perhari, sekarang sudah berkali-kali lipat. Warung Pintar tidak hanya membantu saya dalam memenuhi stok warung namun juga mendukung pertumbuhan bisnis warung saya menjadi toko grosir. Kini saya dapat menyuplai warung sekitar dengan mudah tanpa harus pusing memikirkan siapa yang akan berbelanja di toko grosir saya. ” ujar Dwi Sayekti.

Terintegrasi dalam Aplikasi Warung Pintar, pengusaha grosir yang terdaftar dalam Grosir Pintar dapat menjangkau hingga lebih dari 300 warung sebagai pelanggan baru dalam jarak 5 hingga 10 kilometer dari toko miliknya. Sejak bergabung dengan Grosir Pintar, Juragan Dwi mendapatkan banyak pelanggan warung loyal yang selalu memenuhi kebutuhan stok melalui toko grosirnya, integrasi ini membuat Juragan Dwi tercatat memperoleh keuntungan mencapai 8 kali lipat dari sebelumnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warung digital
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top