Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Tips Proyek Crowdfunding Agar Menghasilkan Uang

Berikut cara dalam membuat proyek crowdfunding yang menjanjikan, hingga Anda mendapatkan investasi yang Anda butuhkan
Ilustrasi risiko investasi lewat crowdfunding/Freepik.com
Ilustrasi risiko investasi lewat crowdfunding/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, crowdfunding telah berkembang dengan pesat. Terdapat beberapa bisnis yang berhasil dalam prosesnya.

Namun dibalik itu, hanya beberapa perusahaan yang berhasil dari ribuan proyek yang juga memiliki potensi yang menjanjikan.

Untuk itu, berikut cara dalam membuat proyek crowdfunding yang menjanjikan, hingga Anda mendapatkan investasi yang Anda butuhkan, yang dilansir dari Entrepreneur (8/10/21)

1. Buatlah tim

Dalam crowdfunding, Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Anda perlu membutuhkan bantuan untuk publisitas yang dapat membantu menyebarkan berita dan memberikan eksposur pada merk Anda. Jika Anda mengenal seseorang yang dikenal oleh masyarakat, maka Anda dapat menawarkan apakah mereka ingin bergabung dengan Anda

2. Berikan perhatian

Berikutnya, Anda dapat membuat masyarakat memperhatikan produk Anda. Buatlah orang-orang mengetahui bahwa ada sesuatu yang menarik atau istimewa, yang akan datang. Anda dapat memberikan sensasi dalam peluncuran produk Anda, agar dapat mendorong rasa ingin tahu.

3. Cari orang yang profesional

Terdapat agen pemasaran crowdfunding profesional yang dapat membangun Anda. Hal ini perlu Anda cari tahu sebelumnya karena dapat membantu untuk mencapai nilai investasi yang Anda butuhkan dan dapat mempercepat proses agar merek Anda diketahui. Jika Anda tidak berpengalaman dalam pemasaran online, Anda dapat meminta bantuan dari ahli.

4. Gunakan gambar yang berkualitas

Sisihkan sebagian pemasaran Anda untuk gambar yang profesional. Hal ini tidak akan menghabiskan biaya sebanyak yang Anda kira, dan akan menemukan hasilnya yang akan lebih baik.

5. Buatlah video

Video adalah cara untuk mempromosikan suatu produk. Generasi muda juga lebih menyukai konten video untuk hiburan, vlog, dan presentasi. Jika Anda tidak terlalu mahir dalam membuat video, maka Anda dapat mencari orang yang berpengalaman. Kemudian, hasil dari video Anda dapat anda bagikan di sosial media untuk mendapatkan eksposur yang besar.

6. Jangan ‘mengemis’

Jika Anda ingin menarik investor, maka Anda perlu memberikan kesan bahwa produk baru yang Anda luncurkan dapat menghasilkan keuntungan besar bagi mereka. Anda tidak boleh menunjukan sikap seperti membutuhkan uang, namun berikan sesuatu yang menarik dan bermanfaat dalam produk Anda. Hal ini membantu memberikan peluang lebih besar untuk menarik hati para investor.

7. Berikan pelayanan yang luar biasa

Dalam tahap ini, Anda perlu menepati janji yang telah Anda buat baik kepada investor ataupun kepada pelanggan. Anda juga perlu memberikan layanan pelayanan yang baik bagi konsumen. Contohnya, jika Anda menjanjikan pengiriman, maka pastikan hal itu terjadi.

Crowdfunding merupakan pasar itu sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan setiap hal dengan baik, terutama untuk produk yang cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper