Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatikan 5 Tren Global Berikut Ini untuk Mencari Peluang di 2022

Divergensi yang berkembang ini dapat membuat perusahaan menjadi terkunci dari pasar tertentu. Perusahaan akan mengandalkan salah satu pasar luar negeri di dunia yang akan semakin berubah, dan strategi ini dapat menjadi resiko yang tinggi.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 15 November 2021  |  18:34 WIB
Jenis peluang bisnis
Jenis peluang bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Akan penting bagi para pemimpin bisnis memperhatikan tren yang muncul dalam politik, ekonomi, dan masyarakat terutama jika ingin membangun organisasi yang kuat dan berkelanjutan.

Organisasi saat ini juga terus dibentuk dari dunia di sekitar kita, dan hal ini akan terus berlaku untuk organisasi di masa depan.

Untuk itu jika Anda ingin mengetahui lima tren global yang besar dan apa yang dapat dilakukan dalam sisi bisnis, berikut 5 tren global yang dilansir dari Forbes yang dapat Anda perhatikan (15/11/21).

1. Hubungan dengan planet

Dengan melihat planet kita, maka bencana iklim akan menjadi tantangan yang cukup besar. Hal ini tentunya akan memicu kekhawatiran. Untuk itu, maka Anda dapat mengharapkan konsumen untuk tertarik pada pilihan yang lebih berkelanjutan.

2. Pergeseran kekuatan ekonomi dan politik

Ketika kekuatan ekonomi bergeser, maka akan menjadi lebih mahal bagi organisasi untuk melakukan outsourcing layanan ke negara lainnya. Untuk itu, maka hal ini perlu direncanakan di dalam bisnis. Sisi positifnya, maka ekonomi ini dapat menjadi pasar yang kuat untuk produk dan jasa.

3. Tumbuh divergensi dan polarisasi

Setelah beberapa dekade negara-negara tumbuh lebih dekat, ada tanda bahwa negara mulai ‘memutuskan hubungan’. Selain itu, Covid-19 dapat memperburuk situasi ini dikarenakan berbagai negara dipaksa untuk fokus pada masalah domestik.

Divergensi yang berkembang ini dapat membuat perusahaan menjadi terkunci dari pasar tertentu. Perusahaan akan mengandalkan salah satu pasar luar negeri di dunia yang akan semakin berubah, dan strategi ini dapat menjadi resiko yang tinggi.

4. Pergeseran demografi

Populasi global pada tahun-tahun kedepannya akan terlihat sangat berbeda dari tampilannya saat ini. Terlebih lagi dengan populasi yang semakin tua, kelas menengah tumbuh, dan orang akan semakin tinggal di daerah perkotaan.

Dengan ini, maka peluang bisnis di sekitar pertumbuhan populasi perkotaan dan kelas konsumen sangat besar. Namun, dengan berpartisipasi dalam pasar dengan sukses, maka membutuhkan bisnis untuk beradaptasi dengan lingkungan budaya dan politik yang berbeda.

5. Pergeseran sosial, budaya dan tempat kerja

Demografi tempat kerja juga berubah secara signifikan. Oleh karena itu, semua pengusaha harus menilai praktik kerja mereka untuk melihat apakah mereka menawarkan lingkungan kerja yang diinginkan.

Pastikan Anda dapat menciptakan lingkungan di mana orang memiliki fleksibilitas yang lebih besar, keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, dan hubungan yang bermakna dengan merek di tempat mereka bekerja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global Trending topic
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top