Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indah Catur Agustin, Manfaatkan Limbah Kain untuk Bisnis Aksesoris Bedding

Di Indonesia sendiri tak banyak dari pelaku industri Tekstile yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang berguna dan akhirnya berakhir menjadi limbah yang tentunya akan mencemari ligkungan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 26 November 2021  |  16:23 WIB
Indah Catur Agustina - dokumentasi pribadi
Indah Catur Agustina - dokumentasi pribadi

Bisnis.com, JAKARTA - Limbah dari industri tekstile menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup tinggi di Indonesia.

Limbah yang dimaksud yakni berupa potongan-potongan kain yang tidak memenuhi standart kualitas atau sisa kain setelah digunakan dalam produksi.

Di Indonesia sendiri tak banyak dari pelaku industri Tekstile yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang berguna dan akhirnya berakhir menjadi limbah yang tentunya akan mencemari ligkungan.

Menanggapi hal tersebut Indah Catur Agustin mendirikan Sleep Buddy sejak tahun 2009 dengan memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi pembuatan sprei atau selimut.

Dengan Sleep Buddy, dia membuat alternatif material baru dengan mendaur ulang potongan-potongan kain sisa produksi untuk dimanfaatkan kembali menjadi produk-produk dengan kualitas tinggi dan unik.

Beberapa produk dari Sleep Budy seperti, Cushion, Table Runner dan Throw Blanket yang semuanya berbahan dari sisa kain yang tak terpakai. Langkah ini agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap harinya.

"Saya juga ingin bawa misi untuk mengedukasi masyarakat Indonesia bahwa betapa pentingnya istirahat dengan nyenyak salah satunya dengan menggunakan sprei dan selimut dengan bahan yang lembut mengajak konsumen untuk lebih peduli lingkungan dengan sebuah terobosan terbaru,"  ujarnya.

Indah Catur Agustin selaku Founder dari Sleep Buddy menjelaskan bahwa langkah ini agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap harinya. Dan tentunya memberikan kesempatan bagi kain yang tak terpakai agar bermanfaat kembali.

“Sleep Buddy yang saat ini tengah concern dengan lingkungan tidak hanya berfokus pada produksi namun juga peduli dengan limbah yang dihasilkan. Berbahan dasar dari potongan-potongan kain dari sisa produksi untuk diolah kembali menjadi produk baru yang tetap berkualitas dan unik. Sleep Buddy ingin memberikan kesempatan bagi setiap helai kain untuk dapat memiliki umur yang lebih panjang.” tambahnya.

Sleep Buddy merupakan produsen tekstil yang berdiri dari tahun 2009, yang memproduksi aksesoris bedding dan home textile.

Sleep buddy sendiri memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi sprei ataupun selimut, dengan membuat alternatif material baru dengan mendaur ulang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top