Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Tanda Rekan Kerja atau Partner Bisnis Anda Tidak dapat Dipercaya

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa rekan kerja atau partner bisnis Anda tidak dapat dipercaya? Berikut tanda mengetahuinya
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  11:45 WIB
Entrepreneur muda sedang rapat - ilustrasi
Entrepreneur muda sedang rapat - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda merupakan wirausahawan yang tidak bekerja sendiri, maka Anda perlu mengandalkan rekan kerja atau partner bisnis Anda jika ingin sukses.

Anda membutuhkan umpan balik yang baik dari orang, menggunakan hasil pekerjaan orang lain dalam proyek Anda, dan reputasi serta kemajuan Anda dalam organisasi akan bergantung dengan apa yang orang lain katakan tentang Anda.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa rekan kerja atau partner bisnis Anda tidak dapat dipercaya? Berikut tanda mengetahuinya yang dilansir dari Fast Company (7/12/21).

1. Perhatikan keberaniannya

Ketika Anda sedang menyelesaikan sebuah proyek, Anda membutuhkan orang-orang yang menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab mereka, dan melakukan pekerjaan mereka dengan cermat.

Untuk itu, terdapat beberapa sinyal yang dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah Anda berurusan dengan seseorang yang berhati nurani.

Pertama, Anda dapat melihat melalui reputasi dirinya di lingkungan kerja atau di perusahaan mereka. Berikutnya, Anda perlu melihat tingkat kepedulian mereka di semua produk kerja mereka atau bisnis mereka.

Pastikan partner bisnis atau rekan kerja Anda memiliki komitmen dan dapat memprioritaskan suatu hal, terutama ketika Anda memerlukan bantuan dirinya. Hal ini menjadi penting dikarenakan ketika Anda membutuhkannya, Anda tahu bahwa Anda akan mendapatkannya.

2. Lihat bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan orang lain

Elemen kunci kepercayaan lainnya adalah Anda akan mendapatkan pujian atas usaha Anda. Selain itu, Anda perlu mendengar bagaimana orang-orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan tim berbicara tentang rekan kerja mereka.

Jika mereka secara konsisten menyebutkan orang lain yang memainkan peran penting dalam mendorong proyek ke depan, maka Anda dapat yakni bahwa Anda juga akan mendapatkan penghargaan atas upaya Anda.

Selain itu, Anda dapat mendengarkan cara orang lain dalam berbicara mengenai kegagalan. Penting bagi para pemimpin untuk melindungi tim mereka agar tidak jatuh karena proyek yang gagal.
Untuk itu, waspadailah teman kerja atau partner bisnis yang secara rutin menyalahkan orang lain atas kegagalan yang terjadi di bawah pengawasan mereka.

3. Dengarkan apa kata mereka tentang orang lain

Orang yang mengatakan hal-hal negatif tentang orang lain umumnya tidak terlalu membeda-bedakan sasaran kemarahannya.

Jadi, jika mereka mengeluh tentang orang lain kepada Anda, mereka mungkin mengeluh tentang Anda kepada orang lain.

Kemudian, hal yang paling buruk dari menjelekkan orang lain adalah memberikan suasana yang toxic. Untuk menghindari merusak reputasi Anda sendiri dengan asosiasi, mungkin lebih baik untuk menghindari.

Anda juga dapat menerapkan hal ini sebelum memutuskan atau berkoneksi dengan rekan kerja atau partner bisnis ini nantinya. Hal ini menjadi penting dikarenakan dalam membangun bisnis, waktu yang diperlukan tidaklah singkat dan membutuhkan kepercayaan yang cukup tinggi.

Pastikan Anda memiliki rekan atau partner yang dapat Anda andalkan, sehingga pertumbuhan bisnis Anda juga dapat berjalan dengan baik dan terus meningkat.

Dengan memiliki seseorang yang dapat Anda percayai dan dapat Anda andalkan, maka tekanan untuk Anda juga akan berkurang, bahkan Anda dapat mengeksplorasi lebih lagi untuk mengembangkan bisnis yang menjadi lebih sukses.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top