Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Memulai Memulai Bisnis Rental Mobil? Berikut Tata Caranya

Berikut adalah panduan langkah demi langkah terperinci tentang cara memulai bisnis rental mobil
Ilustrasi - Rental mobil
Ilustrasi - Rental mobil

Bisnis.com, JAKARTA— Bisnis sewa mobil masih menjadi peluang yang menjanjikan di era sekarang, meskipun ada banyak perusahaan jasa transportasi online di tanah air.

Tapi, tetap saja banyak orang menyewa mobil untuk kebutuhan tertentu. Semisal untuk perjalanan ke luar kota, atau mungkin untuk kebutuhan perusahaan.

Memulai bisnis apa pun perlu adanya proses perencanaan, pertanyaan, dan penelitian yang luar biasa termasuk juga bisnis rental mobil ini.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah terperinci tentang cara memulai bisnis rental mobil dilansir dari entrepreneur 360:

1. Rencanakan Bisnis Anda

Saat memulai bisnis, Anda pasti ingin memiliki rencana bisnis yang komprehensif tentang "siapa, apa, dan bagaimana" bisnis Anda.

Berikut adalah daftar pertanyaan yang dapat Anda tanyakan dan cari tahu sendiri untuk mulai membentuk rencana bisnis rental mobil Anda:

-  Siapa target pasar Anda?

-  Siapa saingan Anda?

-  Apa mobil yang akan Anda mulai?

-  Berapa banyak mobil yang akan Anda mulai?

-  Apakah Anda akan membeli atau menyewa kendaraan?

-  Dimana Anda akan menyimpan kendaraan?

-  Seperti apa proses persetujuan penyewa Anda?

-  Bagaimana Anda akan mendapatkan pelanggan?

-  Apakah Anda akan menjalankan bisnis dari rumah atau memiliki toko fisik?

-  Apa nama bisnis Anda?

-  Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis rental mobil?

2. Bentuk Badan Usaha

Sebelum Anda melakukan hal lain, Anda harus mendaftarkan perusahaan dan memutuskan hal berikut: Apakah Anda akan membentuk (1) kepemilikan tunggal, (2) kemitraan, atau (3) korporasi?

3. Buka Rekening Bank Bisnis

Menyiapkan rekening bank terpisah untuk bisnis persewaan mobil Anda penting untuk menjaga pendapatan dan pengeluaran. Ini juga membantu mengatur dan menambahkan struktur ke bisnis Anda untuk keperluan pajak, penggajian (jika ada), dll.

4.  Pendanaan Aman

Sekarang, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang (1) berapa banyak yang Anda perlukan untuk memulai dan (2) untuk apa Anda membutuhkannya. Setelah Anda mengetahuinya, itu akan memberi Anda ide bagus tentang jenis pendanaan yang akan Anda kejar.

5. Dapatkan Kendaraan

Setelah Anda memutuskan (1) jenis kendaraan apa yang akan Anda dapatkan, (2) berapa banyak yang akan Anda mulai, (3) apakah Anda akan membeli atau menyewanya, dan (4) bagaimana Anda akan mendanainya. Saatnya untuk mengambil kriteria yang Anda tetapkan selama perencanaan bisnis Anda.

6. Berbelanja Di Sekitar Untuk Asuransi Bisnis Sewa Mobil

Bisnis persewaan mobil adalah industri yang berisiko untuk dioperasikan dan Anda ingin memastikan bahwa Anda dilindungi jika terjadi kecelakaan persewaan, kerusakan persewaan, kerusakan properti, pencurian, tuntutan hukum, dll.

7. Pilih Lokasi Bisnis Anda

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memburu lokasi etalase yang baik adalah biaya sewa atau hipotek, area lalu lintas pejalan kaki yang tinggi, ukuran lokasi, zonasi, dll.

8. Dapatkan Semua Izin Dan Lisensi yang Diperlukan

Bisnis persewaan mobil memang memerlukan izin dan lisensi untuk beroperasi secara legal, tetapi jenis izin dan lisensi yang dibutuhkan bisnis Anda berbeda-beda di setiap negara bagian. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat bagian lisensi dan izin SBA.

9. Buat Dokumen Hukum yang Dibutuhkan

Saat menjalankan bisnis persewaan mobil, Anda ingin agar semua dokumen hukum antara Anda dan pelanggan diperjelas, untuk melindungi bisnis Anda dari kewajiban hukum apa pun.

10.  Siapkan Kehadiran Bisnis Online Anda

Memiliki kehadiran online untuk bisnis Anda akan memperluas visibilitas dan jangkauan Anda, menarik lebih banyak pelanggan, menambah kredibilitas, antara lain.

11.  Siapkan Rencana Pemasaran

Susun strategi pemasaran untuk bisnis rental mobil Anda. Baik Anda tidak memiliki anggaran, dana terbatas, atau akses tak terbatas untuk memasang iklan, berkreasilah dengan pemasaran Anda.

12.  Pekerjakan Karyawan

Beberapa posisi penting yang harus direkrut ketika memulai bisnis rental mobil adalah agen penjualan rental, agen servis, dan teknisi otomotif.

13.  Luncurkan Bisnis Anda

Setelah Anda menyelesaikan semuanya, sekarang saatnya untuk diluncurkan. Semoga beruntung!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper