Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pakai Digital Marketing, Ini Strategi Pelaku UMKM

Pelaku UMKM mulai membekali diri melalui SEO atau search engine optimization, untuk meningkatkan penjualan selama pandemi.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 31 Desember 2021  |  18:15 WIB
Ilustrasi digital marketing - CC0
Ilustrasi digital marketing - CC0

Bisnis.com, JAKARTA – Kelompok UMKM kian gencar melakukan digital marketing untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Pelaku UMKM yang membuka bisnis tas dengan merk Mamika, Senni Tamara ikut kena imbasnya. Dia mencari solusi yang kreatif untuk tetap menjalankan bisnisnya. Pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga tidak menghalanginya dalam melakukan usaha. 

Jauh sebelum tren Google Ads dan fasilitas advertising lainnya, dia membekali diri untuk usaha melalui SEO atau search engine optimization. Satu-satunya cara untuk menjual barang agar muncul di pencarian nomor satu yaitu dengan SEO. 

Sekarang, saat sudah banyaknya layanan iklan dan media sosial, Senni merasa semakin mudah dalam mengiklankan produknya. “Bener-bener booming dengan penggabungan SEO dan Instagram,” ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (31/12/2021).

Usaha yang dia rintis tidak semudah kelihatannya. Dia memulai bisnis sejak 2012 dengan menjual sepatu kulit. Saat itu, dia mendapat omzet hingga Rp450 juta. Masuknya pasar China, membuat Senni harus berhenti menjual sepatu. 

Senni tak patah semangat, dia mendapat tawaran untuk menjual produk kecantikan dari aloe vera yang tengah booming dari Korea. Karena kurangnya pengetahuan mengenai izin edar, Senni mendapat masalah ketika didatangi oleh pihak berwajib karena produk yang ia jual tidak ada izin edar. 

Sejak saat itu, Senni memutuskan untuk tidak lagi menjual produk orang lain, dia ingin membuat produk sendiri, dan lahirlah Mamika pada 2018. Dia memaksimalkan Facebook Ads hingga mendapat pesanan sebanyak 10.000 pcs untuk satu model dalam satu bulan. 

Melakukan pemasaran secara daring atau digital marketing ia pelajari melalui les. Les atau mempelajari SEO dan digital marketing saat ini dapat melalui youtube secara gratis. Tips dari Senni jika akan les mengenai SEO, yaitu pastikan para pengajar les tersebut mengajarkan salah satu dari 3 hal dibawah ini, yaitu:

  1. Pixel 
  2. Conversion (menyetel konversi campaign)
  3. Landing page 

Tips lainnya dari Senni yaitu dengan memaksimalkan copy writing. Cobalah melihat suatu produk dari berbagai sisi dan manfaat agar copy writing yang dimasukkan dapat menembuh peringkat satu. 

Memulai usaha tak harus membutuhkan modal hingga ratusan juta. Anda harus cermati, pahami, dan kreatif terhadap produk yang akan Anda jual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm digital marketing
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top