Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Tren Bisnis 2022, Cryptocurrency dan NFT Digemari

Berikut merupakan beberapa ide bisnis yang berkemungkinan akan berkembang pada tahun 2022, termasuk Cryptocurrency dan NFT.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  12:39 WIB
Ilustrasi NFT - istimewa
Ilustrasi NFT - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2021 merupakan tahun dimana terjadi perubahan dalam cara bekerja dan membayangkan kembali bisnis apa yang akan menjadi ramai di tahun 2022.

Perlu diketahui, tahun 2021 cukup terjadi banyaknya pengunduran diri, pemutusan kerja, dan banyak berbagai masyarakat yang memulai bisnisnya sendiri.

Berikut merupakan beberapa ide bisnis yang berkemungkinan akan berkembang pada tahun 2022. Tentunya, terdapat juga beberapa hal yang baru.

1. Berhubungan dengan keberlanjutan

Menurut riset pasar NYU Stern 2020, produk yang dipasarkan secara berkelanjutan tumbuh 7,1 kaki lebih cepat daripada produk yang tidak dipasarkan sebagai produk berkelanjutan.

Semakin banyak orang yang menyadari dampak tindakan mereka terhadap lingkungan, dan ini tercermin dalam perilaku belanja mereka

2. Kebugaran

Acumen Research memperkirakan pasar kebugaran di rumah akan mencapai US$14,8 miliar pada tahun 2027. Produk seperti Body Gym yang membuat latihan di rumah lebih efektif bisa menjadi peluang yang menjanjikan.

Forum Ekonomi Dunia juga mengatakan bahwa aplikasi kesehatan dan kebugaran juga merupakan pasar yang besar, dengan unduhan tumbuh sebesar 46 persen di seluruh dunia pada awal tahun 2020

Orang-orang juga telah menikmati aktivitas fisik yang kurang fokus pada latihan, seperti memanjat atau seni bela diri

3. Acara dan konferensi digital

Hosting acara virtual dapat menjadi industri yang cenderung lengkap dan tetap populer walaupun acara tatap muka kembali dibuka sepenuhnya. Hal ini dikarenakan banyaknya acara yang menggunakan fasilitas Zoom, dan sering mengalami kendala teknis.

4. Perbaikan rumah

Dikarenakan pandemi, banyak orang yang melakukan renovasi rumah, pindah rumah, ataupun menghias rumah untuk menyegarkan suasana.

Selain itu, dikarenakan sosialisasi juga dapat dilakukan di luar rumah, maka peningkatan popularitas ruang terbuka juga semakin meningkat. Oleh karena itu, maka perbaikan dekorasi teras dan taman dapat menjadi bisnis yang potensial juga.

5. Solo traveling

Perjalanan rekreasi cenderung berfokus pada pasangan dan keluarga. Namun, kini perjalanan solo menjadi semakin populer.

Industri perjalanan menyadari perubahan ini dan mulai menawarkan lebih banyak layanan untuk demografi unik ini dengan kebutuhan yang beragam.

6. Layanan hewan peliharaan

Di masa isolasi, banyak orang yang merasa kesepian atau memiliki waktu senggang lebih banyak. Akhirnya, kecintaan terhadap peliharaan semakin meningkat.

Dengan banyaknya hewan peliharaan baru, maka peningkatan kebutuhan untuk pelatihan, berjalan, memberi makan, dan layanan perawatan hewan peliharaan lainnya juga dapat meningkat.

7. Cryptocurrency dan NFT

Cryptocurrency dan NFT untuk kedepannya kemungkinan banyak bisnis kecil ataupun bisnis yang cukup besar, yang menggunakan teknologi dan mata uang ini. Hal ini juga dapat menjadi hal yang revolusioner dan berpotensi mengingat naiknya tren pada cryptocurrency dan NFT.

8. Dukungan freelancer

Kini, freelancing semakin populer dan kemungkinan akan tetap populer untuk waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pada tahun 2021 banyak yang memutuskan untuk memulai sendiri dengan wirausaha atau mencoba pekerjaan impian mereka.

Diketahui bahwa 59 juta orang Amerika melakukan pekerjaan lepas pada tahun 2020, menurut laporan Upwork Freelance Forward.

9. Search Engine Optimization (SEO)

Teknologi SEO semakin berkembang dan semakin dimanfaatkan dalam beberapa tahun terakhir untuk pengembangan merek. Kemudian, SEO juga dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk itu, hal ini dapat menjadi hal yang berguna di tahun 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tren
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top