Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berikut 8 Cara Untuk Meningkatkan Keterampilan Project Management Anda

Manajemen proyek yang hebat membantu memastikan bahwa Anda menyelesaikan proyek tepat waktu, sesuai anggaran, dan seefektif mungkin.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  17:07 WIB
Berikut 8 Cara Untuk Meningkatkan Keterampilan Project Management Anda
Ilustrasi - Bisnis/Yayan Indrayana

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat bisnis menjadi sukses adalah berinvestasi pada keahlian ataupun talenta.

Hal ini dapat dilakukan seperti berinvestasi pada talenta berkualitas tinggi, mempelajari keterampilan yang penting, atau sekadar menjadikan produktivitas sebagai kebiasaan sehingga dapat membangun budaya yang sukses.

Namun satu hal yang perlu juga Anda lakukan adalah manajemen proyek. Manajemen proyek yang hebat membantu memastikan bahwa Anda menyelesaikan proyek tepat waktu, sesuai anggaran, dan seefektif mungkin.

Lantas, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan ini?

Dilansir dari Indeed.com, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

1. Menyelesaikan kursus pelatihan

Anda dapat mendaftar untuk kelas pelatihan termasuk seminar, webinar dan konferensi, untuk meningkatkan kemampuan manajemen proyek Anda.

Carilah kursus-kursus yang berfokus pada berbagai aspek manajemen proyek atau menawarkan pelatihan dalam keterampilan tertentu yang Anda butuhkan atau perlu Anda kembangkan.

2. Mintalah umpan balik

Tetap terbuka dengan umpan balik dari tim Anda, sehingga Anda dapat meningkatkan keterampilan manajemen proyek Anda.

Hal ini perlu dikarenakan Anda bertanggung jawab untuk mendelegasikan tugas, menjelaskan persyaratan proyek dan menjaga tim sesuai jadwal.

Umpan balik dari klien juga dapat bermanfaat.

3. Mempelajari metodologi manajemen proyek

Ada berbagai metodologi manajemen proyek yang dapat Anda adopsi tergantung pada keahlian Anda, struktur tempat kerja dan tim proyek yang akan Anda tangani.

4. ‘Membayangi’ pekerjaan manajer proyek lainnya

Anda juga dapat membangun keterampilan dengan membayangi manajer proyek lain yang telah menemukan kesuksesan di bidangnya.

Jika ada manajer proyek yang bekerja dengan Anda, tanyakan apakah Anda dapat melihat apa yang mereka lakukan dalam sehari.

Anda juga dapat mengadopsi metode dan keterampilan yang Anda perhatikan dari manajer proyek ini dan menerapkannya pada pekerjaan Anda sendiri.

5. Dengarkan konten dari para profesional di bidangnya

Semakin banyak Anda membaca dan mendengarkan konten di bidang ini, semakin Anda dapat mengikuti tren dalam manajemen proyek yang dapat membuat Anda menjadi lebih baik.

Sudut pandang yang berbeda juga dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah.

6. Latihan membangun tim

Latihan membangun tim dapat meningkatkan hubungan profesional antar rekan kerja, yang dapat membantu Anda meningkatkan pekerjaan Anda sebagai manajer proyek.

Dengan bergaul secara alami dan memahami satu sama yang lain, amak akan lebih memungkinkan untuk berkolaborasi, menghasilkan solusi kreatif dan mendukung pekerjaan Anda sebagai manajer proyek.

7. Lacak waktu Anda

Melacak waktu Anda dapat membantu membangun keterampilan manajemen proyek yang penting, terutama dalam mengatur waktu.

Anda dapat menyadari di mana Anda menghabiskan waktu Anda, lebih mampu menganalisis hari kerja Anda dan menyesuaikan waktu Anda.

8. Gunakan template

Anda mungkin dapat menemukan beberapa template untuk manajer proyek yang dapat Anda gunakan untuk pekerjaan Anda sendiri.

Gunakan template yang mendukung pekerjaan Anda dan membantu Anda unggul dalam peran tersebut.

Hal ini lantaran berfungsi sebagai paduan Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas tertentu, sehingga Anda dapat lebih mampu mengembangkan keterampilan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manajemen manajemen strategik manajemen keuangan manajemen risiko
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top