Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dear Penjual Online, Ini Tips Pengiriman dan Pengemasan Paket Ala Ninja Xpress

Ninja Xpress memberikan tips pengemasan dan pengiriman paket untuk penjual online.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  11:31 WIB
Ninja Xpress - Bisnis
Ninja Xpress - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Ninja Xpress Indonesia membagikan tips pengemasan dan pengiriman paket yang baik agar para pelaku UKM mendapatkan ulasan baik di marketplace atau online store.

CMO Ninja Xpress menjelaskan pengemasan merupakan salah satu hal yang sering dinilai oleh pelanggan dalam transaksi online. Kemasa, sebutnya, adalah bagian penting dari branding dan memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat menambah nilai jual produk.

Meskipun begitu, cara pengemasan dan pengiriman yang salah akan membuat konsumen kecewa karena barang akan lama sampai tujuan dan diterima dalam keadaan rusak. Kualitas produk saja tidak dapat membuat konsumen untuk kembali berbelanja. Oleh karena itu, Andi menekankan bahwa pengemasan dan pengiriman menjadi faktor penting dalam kesuksesan penjualan.

Menurutnya, ada dua hal yang harus diperhatikan para pelaku UKM dalam pengiriman paket agar terhindar dari penilaian buruk di marketplace/online store:

“Pertama, Kemas barang menggunakan kemasan yang sesuai dengan jenisnya. Kedua, ketik atau tulis nomor resi dan alamat dengan jelas dan lengkap,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (15/3/2022).

Lebih jauhnya, Andi menjelaskan dalam pengemasan, Anda bisa memilih lapisan sesuai jenis barang agar tidak kotor. Pelapis dapat berupa kain, kertas, karton, plastik ataupun bubble wrap. Namun jika jenis barang memungkinkan, gunakan bahan-bahan pelapis yang ramah lingkungan untuk turut mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai.

Selanjutnya, masukkan produk yang sudah dilapisi ke dalam kardus kemasan. Hal ini terutama diperlukan jika ada banyak barang yang dikirim dengan tujuan yang sama dan barang termasuk jenis yang mudah rusak atau pecah. Lalu, sertakan pengganjal di dalam kardus agar produk aman ketika ada guncangan. Bahan pengganjal dapat berupa gumpalan kertas, kertas serut, styrofoam, ataupun air bagpillow/poly air bubble.

Jika diperlukan, gunakan rangka kayu untuk pengamanan ekstra dan sertakan stiker bertuliskan “Fragile” atau “Jangan Dibanting” sehingga kurir mengetahui barang yang dikirim rentan mengalami kerusakan.

Terkait dengan poin kedua yang tak boleh dilewatkan adalah mengetik nomor resi dan alamat dengan jelas dan lengkap.

“Siapkan kertas lalu tulis nomor resi dan alamat dengan lengkap mulai dari penerima,nomor telepon, jalan/gang, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, dan kode pos. Sertakan juga patokan atau petunjuk tertentu jika alamat penerima cukup sulit untuk ditemukan, misalnya di pemukiman padat atau gang kecil,” imbuhnya.

Sertakan juga nama, kontak dan alamat pengirim agar penerima mengetahui dengan jelas paket yang diterimanya. Barulah pilih jasa pengiriman yang terpercaya sehingga dapat melakukan penjemputan ke lokasi.

Saat ini, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer) Ninja Xpress menghadirkan peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot dan tanpa drama. Layanan Customer Care Ninja Xpress akan memberikan respon cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm e-commerce ninja xpress
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top