Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Hanya Roman Abramovich, Ini Orang Rusia yang Punya Klub Sepak Bola

Sepak Bola menjadi salah satu efek yang disebabkan invasi Rusia ini, FIFA bahkan sudah mencoret Rusia dari daftar peserta Piala Dunia 2022.
Fathan Roby
Fathan Roby - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  20:33 WIB
Tak Hanya Roman Abramovich, Ini Orang Rusia yang Punya Klub Sepak Bola
Roman Abramovich - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina belakangan ini menjadi sorotan dunia, banyak aspek yang ikut terpengaruh dengan aksi yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin ini.

Sepak Bola menjadi salah satu efek yang disebabkan invasi Rusia ini, FIFA bahkan sudah mencoret Rusia dari daftar peserta Piala Dunia 2022.

Dampak lain yaitu pemilik klub Chelsea Roman Abramovich yang diusir dari Inggris dan harus menjual klub asal inggris tersebut.

Ternyata tak hanya Chelsea yang dimiliki orang Rusia, berikut klub sepak bola yang dimiliki orang Rusia :

1. Maxim Demin ( Bournemouth )

 Masih di tanah Inggris, Klub yang dimiliki orang Rusia yaitu Bournemouth, milyader asal Rusia ini bernama Maxim Demin, pengusahan minyak ini sudah mengakusisi klub yang berjuluk  The Cherries sejak tahun 2011 yang bermula hanya membeli 50% saham, namun tahun 2019 Maxim Demin telah menjadi pemilik Bournemouth secara utuh

Denim membeli saat tim berada di League One. Hanya butuh empat tahun bagi klub untuk berhasil promosi ke Liga Inggris, tepatnya pada 2015. Namun sayang kini Bournemouth berada di Liga Championship atau kasta kedua dari Liga Ingrris

2. Dmitry Rybolovlev ( AS Monaco dan Cercle Brugge KSV)

Kemudian ada pengusah asal Rusia yang masuk kedalam daftar 10 orang terkaya di Rusia, yaitu Dmitry Rybolovlev, AS Monaco dibeli sahamnya oleh Dmitry Rybolovlev pada Desember 2011 pada saat masih berada di Ligue 2, pada tahun 2013 Dmitry Ryvolovlev berhasil membawa AS Monaco promosi ke Ligue 1  Claudio Ranieri menjadi sosok pelatih yang membantu AS Monaco.

Setelah berinvestasi besar-besaran,  Pencapaian terbaik Rybolovlev selama memimpin AS Monaco adalah menjuarai kompetisi Ligue 1 pada musim 2016/2017.

Selain AS Monaco, pada 2017 silam Dmitry Rybolovlev juga mengakuisisi salah satu klub Liga Belgia, Cercle Brugge KSV.

3. Valeriy Oyf (Vitesse Arnhem)

Klub asal Belanda Vitesse, ternyata juga dimiliki oleh orang Rusia yang bernama Valeriy Oyf, pada tahun 2018 Valeriy menjadi pemilik saham mayoritas dari klub Belanda Tersebut, Vitesse sendiri dikenal sebagai adik dari Chelsea karena memiliki hubungan yang sangat baik dengan Chelsea. Pasalnya, beberapa pemain muda The Blues sempat dipinjamkan ke klub Belanda itu, seperti Mason Mount, Fikayo Tomori dan Armando Broja.

Bersamanya, klub telah mengumpulkan tempat kelima, ketujuh dan keempat di Eredivisie.

4. David Traktovenko (Sydney FC)

Pengusaha Rusia lainnya yang memiliki saham di klub sepak bola yaitu David Traktovenko, David pada awalnya tahun 2015 hanya memiliki hanya sebesar 22 persen saham saja, namun secara bertahap kepemilikan sahamnya meningkat hingga kini sudah 100 persen

Klub asal Australia ini sering menjadi pesaing papan atas pada A-League, Kini Sydney FC berada di posisi 6 klasemen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepak bola laga sepak bola daftar miliarder pemain sepak bola sepak bola indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top