Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Banyak UMKM Kuliner yang Belum Sentuh Ranah Digital

Kehadiran ekosistem teknologi dan ekosistem solusi seperti edukasi, dan mentoring yang dibawa pada sektor kuliner ini diharapkan mampu mendorong pemerataan literasi teknologi.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  19:38 WIB
Industri kuliner
Industri kuliner

Bisnis.com, JAKARTA - Masih banyak UMKM di Indonesia yang belum memasuki ke dalam ranah digital.

Gunawan Woen, CEO dari ESB Restaurant Technology, mengatakan bahwa berdasarkan catatan pada 2021, terdapat 64 juta pelaku UMKM di Indonesia dan hanya 15 juta diantaranya yang telah memasuki ranah digital.

Untuk membantu UMKM sektor kuliner, ESB menyediakan software sistem operasional bisnis kuliner all-in-one, yang mendukung UMKM untuk tumbuh dan berkembang.

Beberapa hal yang dilakukan adalah untuk mudah beradaptasi dengan perkembangan gaya hidup, efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman dan kualitas pelayanan.

VP of Business Development ESB, Bobby Hadiwijaya menyampaikan bahwa Hingga kuartal 1 - 2022, lebih dari empat ribu merchant telah menggunakan teknologi USB.

Berdasarkan dari testimoni, diketahui bahwa dari testimoni mitra dari merchant, maka teknologi ESB membantu menaikkan penjualan mereka lebih dari 45 persen dan juga meningkatkan jumlah pemesanan di atas 15 persen.

Kehadiran ekosistem teknologi dan ekosistem solusi seperti edukasi, dan mentoring yang dibawa pada sektor kuliner ini diharapkan mampu mendorong pemerataan literasi teknologi.

Kemudian pihak ESB juga mengajak para pelaku kuliner di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang, yakni terutama dengan ekosistem ESB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

festival kuliner kuliner bisnis kuliner kuliner indonesia kuliner nusantara kuliner jepang wisata kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top