Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Timur Bawono, COO BitHealth yang Jatuh Cinta dengan Dunia Kesehatan.

Timur Bawono resmi ditunjuk sebagai Chief Operating Officer BitHealth pada Februari 2022.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  09:00 WIB
Foto: dok. BitHealth
Foto: dok. BitHealth

Bisnis.com, JAKARTA - BitHealth, perusahaan startup penyedia solusi kesehatan digital yang berfokus dalam bidang teknologi dan kesehatan untuk memajukan ekosistem Healthcare di Indonesia secara resmi telah menunjuk Chief Operating Officer baru-nya pada Februari 2022. Lantas Siapakah sosok tersebut?

Timur Bawono, Lulusan IT Universitas Gunadarma dan Universitas Indonesia ini sebelumnya telah melalang buana dalam kiprahnya sebagai IT Konsultan handal di beberapa perusahaan. Mengawali karir sebagai seorang Software Engineer di PT Sprint Asia Technology, perusahaan IT Konsultan yang banyak memberikan layanannya kepada Bank dan Asuransi, Timur kemudian pernah menjalani peran sebagai IT Manager hingga Chief Operating Officer dan Chief Executive Officer yakni sebagai IT Manager di PT Sprint Asia Technology, COO di PT Medlinx Asia Teknologi serta CEO di startup izidok.id.

Di awal usia 30 Timur menerima tantangan menjadi General Manager di PT Syresnet Internasional (Syresnet) dan membangun credential perusahaan tersebut dari awal. Syresnet yang berubah nama menjadi PT Medlinx Asia Teknologi (Medlinx Asia) melakukan transformasi digital dan berhasil meninggalkan dominansi penggunaan EDC konvensional sejak tahun 2018.

Setahun setelahnya, Timur diangkat menjadi COO di Medlinx Asia dan juga diberi kepercayaan menjadi CEO di izidok pada tahun 2021 saat Telehealth sedang berkembang pesat di Indonesia. Di bawah bimbingannya, tahun 2018 dan 2021 Medlinx Asia sebagai salah satu partner teknologi dari kata.ai mendapat pengakuan sebagai Most Innovative Partner of The Year oleh salah satu startup AI terbaik di Indonesia.

Pengakuan ini diberikan sebagai peran besar dalam inovasi pembuatan usecase - usecase penerapan chatbot di Industri Asuransi, Kesehatan dan Bank di tahun 2018 serta support pengembangan inovasi Callbot untuk kata.ai di 2020 hingga 2021.

Persinggungan Timur dengan dunia Kesehatan berawal sejak 2009 saat menjadi Project Manager implementasi solusi iziklaim, Electronic Claim System di salah satu Asuransi Swasta lokal terbesar di Indonesia.

Medlinx Asia berhasil meraih market para penyedia layanan TPA (Third Party Administrator) dan memiliki jangkauan implementasi mencapai ke hampir semua provinsi di Indonesia, yakni terpasang di lebih dari dua ribu penyedia layanan Kesehatan.

Tahun 2021, mesin EDC tersebut akhirnya telah 100% tidak digunakan dan Medlinx Asia berhasil melakukan transformasi menggunakan sistem iziklaim yang berbasis web.

Timur juga diminta untuk membimbing izidok sebagai COO hingga akhirnya menjadi CEO di startup bidang kesehatan tersebut. izidok membuat aplikasi operasionalisasi bagi dokter praktek termasuk  fitur EMR (Electronic Medical Record). izidok sempat berpartisipasi dalam tiga inkubasi startup, yaitu Dailysocial Launchpad 2021 (termasuk ke 20 besar), Dailysocial Accelerate 2021, dan HUB.ID Kominfo 2021 (termasuk ke 43 besar).

Berbekal pengetahuan yang luas di bidang IT, Digital Transformasi dan Industri Kesehatan membuat Timur berkeinginan untuk dapat membangun teknologi dan terobosan baru dari hulu ke hilir, yakni teknologi yang mudah untuk diadaptasikan, digunakan dan diintegrasikan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja di provider penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia. Melalui BitHealth,Timur merasa hal ini dapat terwujud seutuhnya.

“Penyedia solusi kesehatan (healthtech) asal Indonesia sesungguhnya memiliki modal yang baik dari segi kemampuan, sumber daya, dan pengetahuan. Modal ini harus dapat dimanfaatkan para healthtech local untuk dapat berkembang karena lebih mengenal budaya, karakter hingga mindset orang Indonesia itu sendiri. Dari sini pemberian konsultasi dan inovasi pembuatan sistem dapat menjadi lebih tepat sasaran karena dapat lebih sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan.” Ujar Timur Bawono Menambahkah

Timur optimis BitHealth dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan transformasi digital industri kesehatan Indonesia. Ada harapan besar terciptanya sinergi antara pemerintah, regulator, organisasi dan Healthtech untuk dapat berjalan harmonis dan saling melengkapi serta bergerak bersama dalam menyajikan satu layanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat.

Timur turut menambahkan bahwa, kunci keberhasilan di sini adalah bagaimana kita mau belajar dan melihat dari sudut pandang pasien. Karena dari sanalah, kita dapat melahirkan sebuah solusi tepat, yang akan berguna dan bermanfaat untuk jangka panjang bagi seluruh pihak yang terlibat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokoh bisnis BitHealth
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top