Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chickin Indonesia, Startup yang Bawa Co-foundernya Masuk Forbes 30 Under 30

Chickin memungkinkan mereka untuk menjual harga yang lebih tinggi untuk mengatasi pasokan dan masalah kualitas di tengah kurangnya transparansi di pasar unggas.
Chickin Indonesia
Chickin Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Kedua Co-founder Chickin Indonesia yakni Ashab Alkahfi dan Tubagus Syailendra masuk ke dalam Forbes 30 under 30 Indonesia.

Dalam sejarahnya, Ashab dan Tubagus bertemu ketika menjalankan studi di Universitas Brawijaya. Dirinya adalah petani yang aktif membudidayakan ayam selama lima tahun terakhir.

Mereka kemudian memanfaatkan IoT dan AI, dalam bentuk pengukur energi iklim. Hal ini dapat membantu peternak unggas untuk meningkatkan pendapatan mereka hingga 25 persen.

Dilansir dari Forbes, Chickin memungkinkan mereka untuk menjual harga yang lebih tinggi untuk mengatasi pasokan dan masalah kualitas di tengah kurangnya transparansi di pasar unggas.

Kemudian, startup Chickin juga tengah memberikan dampak kepada ratusan peternak unggas dan.

Chickin sendiri telah bermitra dengan perusahaan di Jawa Tengah seperti Japfa, Charoen Pokphand, CJ Group dan 14 rumah potong hewan lainnya. Chickin juga telah membawa pertumbuhan 22 persen lipat dalam 10 bulan terakhir, dilansir dari Forbes.

Kemudian, Chickin sendiri memiliki dua produk unggulan yakni Chickin Smart Farm dan Chickin Fresh.

Pemanfaatan teknologi inilah yang diterapkan dalam Chickin Smart Farm untuk climate control dan energy meter untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi budaya.

Sedangkan untuk Chickin Fresh sendiri adalah produk hilirnya dalam mendistribusikan daging ayam langsung dari peternak, berupa potong frozen dan fresh yang disesuaikan untuk kebutuhan.

Selain itu, diketahui bahwa Chickin merupakan perusahaan rintisan teknologi unggas pertama di Asia tenggara yakni asal jebolan dari Pertamina.

Chickin memperoleh pendanaan sebesar US$2,5 juta dari kelompok, yang terdiri dari tiga investor pada Desember 2021.

Dilansir dari Forbes, mereka bertujuan untuk mendapatkan pendapatan berulang tahunan sebesar US$35 juta pada akhir 2022, dengan 10 juta ayam yang dipelihara per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper