Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Agar Masa Tua Tenang, dan Terjamin

Berikut merupakan beberapa tips dalam memulai mengumpulkan dana pensiun, yang dilansir dan dirangkum oleh Bisnis. 
Dana pensiun/Istimewa
Dana pensiun/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melewati masa produktif, hidup yang berkecukupan dan sejahtera menjadi impian bagi banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan dana pensiun. 

Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Bahkan, Anda bisa saja memulainya hari ini. 

Untuk memulainya, terdapat beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Berikut merupakan beberapa tips dalam memulai mengumpulkan dana pensiun, yang dilansir dan dirangkum oleh Bisnis. 

1. Mulailah dari kecil

Rencana tabungan dan pensiun Anda harus didasarkan pada apa yang memenuhi kebutuhan Anda. Untuk itu, walaupun Anda memulai dari yang kecil tentunya usaha ini masih sangat berharga. 

2. Memiliki tujuan untuk menabung   

Kunci menabung untuk masa pensiun adalah konsisten. Hal ini harus menjadi kebiasaan seumur hidup yang berkelanjutan untuk membantu mengatur diri Anda menjadi sukses. 

Cobalah untuk menyimpan setidaknya 10 persen dari penghasilan Anda setiap tahun secara otomatis. Kesalahan umum dari investor adalah fokus pada apa yang akan diinvestasikan dibandingkan berapa banyak yang akan diinvestasikan. 

3. Pilih di mana Anda ingin menyimpan dana pensiun Anda

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah memutuskan di mana Anda ingin melakukan tabungan pensiun Anda. Contohnya, Anda bisa membuat rencana pensiun di tempat kerja Anda ataupun membuat rekening pribadi untuk program pensiun.

4. Memahami risiko 

Untuk Anda yang baru mulai menabung, Anda perlu mempertimbangkan risiko investasi. Anda perlu realistis dan menghindari pasar yang paling berisiko. 

5. Mempertimbangkan berinvestasi pada saham lebih awal

Saham menawarkan peluang terbaik dalam jangka panjang untuk menumbuhkan uang Anda. Jika Anda berusia 20-an atau 30-an, biasanya Anda disarankan untuk menyimpan 80% atau lebih uang pensiun Anda dalam bentuk saham. 

6. Mempertimbangkan menggunakan Robo-Advisor

Jika Anda menginginkan pilihan investasi yang praktis, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan robo-advisor. Robo-advisor dapat memberikan opsi investasi dan pengelolaan uang. 

Anda dapat mencari robo-advisor yang tepat untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai total keuangan dan membantu Anda tetap berada di jalur. 

7. Menabung lebih banyak

Anda perlu mempertahankan kebiasaan menabung Anda. Dengan ini maka Anda akan menemukan bahwa penghasilan Anda meningkat dan usahakan menghemat lebih banyak.  Saat nilai investasi Anda tumbuh, Anda akan memiliki lebih banyak pilihan investasi. 

Bagian terpenting dalam mempersiapkan dana pensiun adalah memulai. Pastikan Anda terus belajar dalam setiap prosesnya dan buatlah kebiasaan untuk menabung setiap bulan, menempatkan uang Anda dengan bijak dan memiliki kesabaran. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper