Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Menguntungkan

Berikut ide Bisnis Ramah Lingkungan Terbaik untuk Kurangi Jejak Karbon
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  07:20 WIB
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Anda adalah orang yang beruntung dan mampu melihat sebuah peluang usaha, jika saat ini Anda sedang mencari ide bisnis go green.

Hal ini, karena makin banyak bisnis kecil yang bermunculan setiap harinya dengan menerapkan konsep berkelanjutan, dan menariknya banyak dari mereka mampu memulai bisnisnya lewat anggaran dana yang sedikit.

Dilansir dari Small Business Trend pada Rabu (20/7/2022) berikut ada 20 ide bisnis ramah lingkungan terfavorit yang bisa menjadi inspirasi dalam membantu Anda memulai bisnis. Simak daftar lengkapnya.

Sustainable business pada dasarnya terdiri dari dua kata, yakni sustainable yang berarti berkelanjutan dan business yang berarti bisnis. Gagasan tentang sustainable business kerap dikaitkan dengan isu lingkungan.

Ada yang mengatakan bahwa bisnis yang sustainable adalah bisnis yang bisa menjaga kelestarian lingkungan.

Adapun, tujuannya, yakni meminimalkan dampak negatif untuk lingkungan baik untuk saat ini maupun di masa depan.

Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus memulai bisnis berkelanjutan:

1. Menjadi yang terdepan

Kini semakin banyak bisnis yang mulai mengadopsi praktik ramah lingkungan. Apalagi, di mata konsumen yang juga menerapkan green living, maka citra perusahaan/produk tentu akan meningkat.

Tak cukup sampai di situ, menerapkan green business disinyalir dapat pula membuat suatu brand menjadi lebih menonjol dibandingkan yang lain hingga bisa mendatangkan lebih banyak profit.

2. Hemat biaya

Keuntungan pertama yang bisa diraih dari bisnis berkelanjutan adalah lebih menghemat biaya, karena otomatis harus mengurangi limbah dan beralih menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang.

Pengeluaran produksi yang bisa ditekan dengan cara demikian dapat membuat perusahaan mengalihkan biaya ke hal lain, seperti menambah jumlah produksi barang. Contohnya, konsumen bisa membawa tas sendiri ketika berbelanja suatu produk di toko tertentu yang menerapkan bisnis berkelanjutan.

3. Menarik pelanggan baru

Bisnis yang mementingkan aspek lingkungan ini tidak hanya menarik bagi para wirausahawan, tetapi juga di mata konsumen, di mana dengan menerapkan sustainable business, perusahaan pada dasarnya sudah membangun reputasi baik. Reputasi seperti ini akan mendorong kepercayaan masyarakat, bahkan menarik simpati.

4. Membuat dampak positif bagi dunia

Menjalankan bisnis yang berkelanjutan dapat membantu melindungi lingkungan dan meninggalkan warisan positif dalam jangka panjang, Hal ini bisa dilakukan dengan menekan penggunaan bahan bakar, pengolahan limbah dan mengadopsi sistem yang lebih baik ataupun teknologi yang lebih ramah lingkungan.

5. Keuntungan pajak

Di banyak negara, ada keringanan pajak dan insentif keuangan lain yang tersedia untuk sebuah bisnis yang mengadopsi praktik ramah lingkungan.

Ide Bisnis Ramah Lingkungan Terbaik untuk Kurangi Jejak Karbon

Ada lebih banyak bisnis yang sadar lingkungan bermunculan setiap hari. Oleh karena itu, potensinya tidak bisa diremehkan. Berikut beberapa ide untuk bisnis dengan praktik hijau.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top