Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbaru! 7 Ide Bisnis Online Tanpa Modal di 2022

Ide bisnis online kian dicari, terutama yang diawali dengan modal yang minim. Mulai dari dropshipper hingga bisnis afiliasi, Anda bisa memulainya sekarang.
Pebisnis merasakan suksesnya berbisnis hasil ide bisnis online  / Freepik
Pebisnis merasakan suksesnya berbisnis hasil ide bisnis online  / Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ide bisnis online semakin banyak dicari, terutama yang dapat diawali dengan modal yang minim alias ide bisnis modal kecil. Alasannya, peluang menjalankan bisnis online kini semakin terbuka. Cukup dengan duduk di rumah, Anda sudah bisa menjalankan bisnis sendiri. 

Ada berbagai pilihan tersedia bagi Anda yang ingin menjalankan ide bisnis online. Mulai dari menjadi dropshipper, reseller online, afiliasi, hingga menjadi penulis lepas. Jika Anda masih kebingungan untuk memulai bisnis yang cocok, simak ulasan Bisnis tentang ide bisnis online berikut ini.

Menjadi Dropshipper

Dropshipper sedang menelpon pelanggan / Freepik
Dropshipper sedang menelpon pelanggan / Freepik

Bisnis dropship adalah sistem bisnis online yang memungkinkan penjual (dropshipper) hanya perlu memasarkan sebuah produk tanpa perlu membeli atau menyetok produk tersebut. Maka, dapat dikatakan bahwa sebagai dropshipper, Anda berperan menjadi seorang penjual sekaligus pembeli. Kok, bisa?

Ini karena Anda membeli sesuatu berdasarkan pesanan pelanggan Anda. Ide bisnis modal kecil yang satu ini sangat menguntungkan, karena Anda hanya perlu meneruskan pesanan kepada supplier. 

Oleh karenanya, Anda perlu bekerja sama dengan supplier. Seperti ide bisnis online lainnya, Anda bisa memasarkan produk mereka di platform online seperti website atau media sosial. Sebagai dropshipper, Anda bisa memperoleh penghasilan dari selisih harga antara harga pembeli untuk Anda dengan harga jasa dropship Anda.

Menjadi Reseller Online

Reseller online sedang mengemas barang / Freepik
Reseller online sedang mengemas barang / Freepik

Bisnis reseller adalah sistem penjualan produk online yang memungkinkan Anda bertindak sebagai penjual produk dari supplier untuk menjualnya kembali kepada pelanggan. Berbeda dengan menjadi dropshipper, Anda perlu menyetok barang untuk menjadi seorang reseller.

Maka, sebagai reseller, Anda perlu menyiapkan lokasi penyimpanan seperti gudang untuk mengatur penyimpanan barang. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan alur pemasaran, pengemasan, hingga pengiriman barang hingga sampai ke tangan pelanggan. 

Memulai Bisnis Afiliasi

Afiliator menjalankan bisnis afiliasi  / Freepik
Afiliator menjalankan bisnis afiliasi  / Freepik

Bisnis afiliasi adalah sistem penjualan produk secara online yang membuat pelaku bisnis (afiliator) memperoleh komisi dari setiap penjualan melalui link afiliasi miliknya. Untuk menjadi seorang afiliator, Anda hanya perlu mendaftarkan diri dalam program afiliasi tertentu. 

Setelah bergabung, Anda akan memperoleh link khusus yang mengarahkan audiens menuju produk atau layanan program. Nah, setiap kali terjadi transaksi yang berasal dari link tersebut, Anda akan memperoleh komisi. 

Umumnya, produk program afiliasi berupa produk digital seperti membership aplikasi hingga layanan hosting website. Namun kini, beragam produk fisik seperti kosmetik juga menerapkan program afiliasi untuk memasarkan produknya. 

Membuka Toko Online

Pebisnis toko online sedang mempromosikan produk melalui media sosial / Freepik
Pebisnis toko online sedang mempromosikan produk melalui media sosial / Freepik

Bisnis toko online juga menjadi salah satu ide bisnis online yang menjanjikan. Apabila Anda telah memiliki produk yang siap dijual, Anda perlu menyiapkan toko online untuk memudahkan pelanggan memesan produk Anda. 

Untuk mendatangkan pelanggan, Anda bisa mempromosikan toko online Anda melalui media sosial. Selain itu, Anda juga bisa membuat blog dan menyematkan link menuju toko online Anda. 

Menjadi Penulis Lepas

Ilustrasi penulis lepas / Freepik
Ilustrasi penulis lepas / Freepik

Siapa bilang menjadi penulis bukanlah sebuah ide bisnis online yang menarik? Saat ini, pebisnis telah sadar tentang betapa pentingnya content marketing, salah satunya melalui konten artikel di blog mereka. Sehingga, jasa penulis lepas menjadi sangat dibutuhkan. 

Jika Anda memiliki skill menulis dan merangkai kata yang mumpuni, Anda bisa menjadi penulis lepas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Caranya, Anda bisa mendaftarkan diri di platform freelancer seperti Projects.co.id dan Sribulancer. 

Selain itu, Anda juga bisa membangun blog atau website sendiri dan mengisinya dengan hasil tulisan Anda. Untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa mempromosikan jasa penulis lepas di berbagai platform media sosial. 

Menjadi Tutor Online

Online tutor sedang mengajar / Freepik
Online tutor sedang mengajar / Freepik


Setiap orang memiliki keahlian di bidang tertentu. Di sisi lain, banyak orang yang ingin memiliki keahlian tersebut, tetapi belum menemukan guru atau tutor yang cocok untuk membantunya. 

Maka, ide bisnis online dengan menjadi tutor online menjadi kian diminati. Anda bisa menawarkan skill Anda sebagai jasa secara online melalui platform tutor online. Beberapa platform yang mendukung untuk menjadi tutor online adalah Superprof dan SnapAsk. 

Untuk memasarkan bisnis online, Anda bisa mempromosikan jasa Anda melalui media sosial. Anda juga bisa membangun website sendiri dan menyematkan portfolio sebagai bukti bahwa Anda adalah tutor online yang layak dan berkualitas. 

Membuka Jasa Pembuatan Website

Developer sedang membangun website/ Freepik
Developer sedang membangun website/ Freepik

Jika Anda mahir di dunia coding, tak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis online dengan modal kecil yang satu ini: pembuatan website. Ini karena sudah banyak bisnis atau perusahaan yang menyadari pentingnya website bisnis, tetapi tidak mampu membuatnya. 

Untuk memulai ide bisnis online berupa jasa pembuatan website, Anda perlu memiliki website bisnis sendiri. Isi konten website Anda dengan portfolio dan hasil kerja Anda untuk memikat calon pelanggan. 

Di samping itu, Anda juga perlu cermat dalam memilih target pasar agar bisa menyesuaikan biaya jasa. Untuk memperoleh pendapatan maksimal, Anda bisa bekerja sama dengan penyedia hosting dan domain yang terpercaya. 

Itulah tujuh ide bisnis online yang dapat Anda jalankan. Umumnya, ide bisnis online tersebut bisa Anda mulai dengan modal kecil. Namun, Anda tetap membutuhkan waktu dan proses untuk membangun bisnis-bisnis tersebut. 

Semoga sukses dengan pilihan ide bisnis online Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzan Hanif
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper