Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Syarat, Cara Daftar, Skema Bisnis, dan Biaya Franchise Super Indo Express

Lantas bagaimana cara memiliki franchise ritel Super Indo Express? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 27 Juli 2022  |  18:35 WIB
Syarat, Cara Daftar, Skema Bisnis, dan Biaya Franchise Super Indo Express
Gerai Super Indo - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis franchise retail menjadi bisnis yang mulai dilirik oleh masyarakat, salah satunya adalah Super Indo.

Tentunya, ini berdasarkan pengamatan atas pola konsumsi masyarakat yang cenderung memilih pergi ke supermarket terdekat untuk berbelanja, membuat bisnis ini masih punya peluang dengan pasarnya masih luas.

Hal tersebut menarik bagi wirausaha yang ingin memupuk pendapatan tambahan tanpa perlu repot membangun merek dari awal.

Apalagi mengingat, Superindo milik PT Lion Super Indo punya jaringan berskala nasional yang telah dipercaya dan memiliki brand yang kuat di masyarakat.

Ini dibuktikan, dengan tercatatnya ratusan gerai yang tersebar di lebih dari 40 kota di Pulau Jawa dan bagian selatan Sumatera per Juli 2022.

Lantas bagaimana cara memiliki franchise ritel tersebut? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Franchise Super Indo Express

Mengutip dari laman resminya pada Selasa (27/7/2022), Super Indo sebagai perusahaan terbesar di Industri Ritel Supermarket di Indonesia sudah memulai bisnisnya dari 1997 dan hingga saat ini telah memilki 211 gerai.

Lalu, pada 2016 Super Indo menawarkan konsep bisnis franchise-nya melalui Super Indo Express. Nantinya, Super Indo Express dioperasikan berdasarkan perjanjian waralaba dengan PT. Lion Super Indo.

Adapun, Super Indo Express merupakan waralaba (franchise) pertama di Indonesia di kelas supermarket yang menjual berbagi kebutuhan pokok rumah tangga yang lebih lengkap dari minimarket.

Terkait konsep, tidak ada pembeda antara Super Indo Reguler dengan Super Indo Express, hanya saja area penjualannya lebih compact, yang artinya dengan area terbatas, Super Indo Express tetap punya fungsi yang berjalan secara maksimal.

Hingga saat ini, Super Indo Express telah beroperasi di lebih dari 6 lokasi yang tersebar di wilayah Jabodetabek.

Bicara omzet, berdasarkan penjelasan Eric Rinaldo Syah, General Manager of Franchise PT Lion Super Indo, menyebutkan bahwa hasil investasi dapat berbeda-beda tergantungan lokasi gerai tersebut yang akan diproyeksikan pada saat perhitungan Studi Kelayakan.

Pihak pusat menarik royalti tiap bulan. Biaya royalti tersebut berlaku bertahap, yakni dikenakan jika mitra sudah mencapai omzet Rp 1,4 miliar per bulan. Omzet Rp 1,4 miliar-Rp 1,6 miliar, maka dikenakan biaya royaltinya sebesar 1%. Lalu, untuk omzet Rp 1,6 miliar sampai Rp 1,8 miliar, maka biaya royaltinya 2%. Terakhir, omzet lebih dari Rp 1,8 miliar, besaran biaya royaltinya sebesar 3%.

Mitra pun tinggal terima laba bersih dengan besaran 3% - 4% dari omzet. Dengan target perolehan mencapai balik modal pada tahun ke-5 dan tingkat keuntungan diatas bunga deposito.

Syarat dan Biaya Franchise Super Indo Express

Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan jika berminat membuka bisnis franchise Super Indo Express:

  1. Menyediakan bangunan siap pakai dengan luas kurang lebih 500 m2 dengan status milik sendiri ataupun sewa. Hal ini dimaksudkan, agar Super Indo dapat hadir dan menjangkau banyak pelanggan baik di perumahan maupun apartemen.
  2. Selain itu, para mitra harus menyiapkan biaya sebagai investasi modal awal senilai Rp2,5 miliar (dapat berubah-ubah sewaktu-waktu).

Skema Bisnis Franchise Super Indo Express

Melansir dari laman resmi Super Indo, disebutkan bahwa skema franchise yang ditawarkan Lion Express cukup mudah.

Calon mitra hanya perlu menyiapkan dana dan bangunan di lokasi yang strategis serta keperluan administrasi dasar.

Selanjutnya Tim Lion Super Indo akan melakukan persiapan yang diperlukan mulai dari survei lokasi, desain, pengembangan bangunan hingga penataan layout dan persiapan pembukaan gerai.

Terkait pengelolaan, pihak Lion menyatakan seluruh sistem operasional, mulai dari suplai barang, pengelolaan keuangan sampai rekrut karyawan akan dikelola sepenuhnya oleh pihak Super Indo, sebagai bagian dari investasi yang ditanamkan oleh mitra.

Artinya, sistemnya franchise Super Indo Express bersifat pasif, di mana mitra hanya perlu memantau bisnis dan terima hasil atas sistem yang dibuat oleh Super Indo.

Fasilitas Franchise Super Indo Express

Mitra bakal mendapat fasilitas kerjasama sama franchise selama 5 tahun, instalasi rak dan peralatan usaha lengkap, list plang, standar operasional, desain, layout, pelatihan karyawan, sistem kasir dan pemesanan produk serta stok produk awal.

Ada 500-2.500 item produk di gerai minimarket mitra. Di samping itu, mitra bisa memesan langsung pasokan produk lewat sistem pemesanan online yang dipinjamkan oleh Super Indo selama masa kerjasama. Satu gerai Super Express minimal punya 20 karyawan.

Tak hanya itu, produk-produk segar dan berkualitas akan dikirimkan oleh pihak Lion Super Indo dengan tidak memberikan harga yang berbeda dan pastinya tetap terjangkau.

Lalu dalam hal pelayanan, pihak Lion Super Indo akan menyamaratakan dengan pelayanan yang ada di Super Indo Reguler, di mana akan layanan goreng dan bakar akan diberikan secara gratis untuk pembelian produk ikan. Pada produk buah dan daging, customer dapat menentukan sendiri jumlah yang akan dibeli.

Cara Mendaftar Super Indo Express

Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan oleh calon mitra yang berminat, antara lain:

  1. Akses laman resmi superindo.co.id
  2. Setelahnya, klik ‘Kerjasama’ dan pilih ‘Pengajuan Lokasi’
  3. Lengkapi identitas diri hingga informasi soal rencana lokasi. Ada tiga kategori bangunan yang bisa disesuaikan mitra, yakni Built to Suit, Mall/Plaza/Apartment atau Sewa Tanah Kosong.
  4. Selain itu, calon mitra juga bisa menghubungi tim ekspansi guna mendapatkan informasi lebih lanjut di nomor telepon 021 – 29293333 ext. 3255 / 3219
  5. Terakhir, pihak Lion Super Indo selalu mengimbau untuk para calon mitra untuk selalu cermat dan teliti dalam membaca dan memahami perjanjian kerjasama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

super indo franchise waralaba peluang bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top