Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Potensi Bisnis Raa Cha Suki & BBQ, Restoran Thailand yang Populer di Indonesia

Apakah Raa Cha Suki & BBQ menawarkan peluang bisnis franchise? Simak ulasan Bisnis berikut ini.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 25 Agustus 2022  |  08:41 WIB
Intip Potensi Bisnis Raa Cha Suki & BBQ, Restoran Thailand yang Populer di Indonesia
Raa Chaa Suki & BBQpe
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan Thailand kini mulai marak di berbagai kota besar di Indonesia. Salah satunya adalah Raa Cha Suki BBQ, sebuah restoran rebusan (suki) bakaran (BBQ).

Cita rasanya yang cocok dengan lidah orang Indonesia, seperti pedas, gurih, asam, dan banyak rempah-rempah menjadikan restoran ini sangat populer. Sebagai bentuk inovasi kuliner, Raa Cha Suki BBQ menawarkan konsep self-service, sehingga konsumen diberi kebebasan memilih makanan dan memasaknya sendiri.

Bisnis ini pun berkembang seiring dengan tingginya minat konsumen dalam menikmati sesuatu yang baru. Tentu, Raa Cha Suki BBQ memiliki prospek yang baik dimasa depan dan patut Anda lirik sebagai referensi bisnis yang bisa Anda jalankan. Lantas apakah Raa Cha Suki BBQ menawarkan peluang bisnis franchise? Simak ulasan Bisnis berikut ini.

Profil Raa Cha Suki BBQ

Melansir dari situs resmi diketahui bahwa Raa Cha (Suki and BBQ) berada di bawah naungan perusahaan grup restoran, yakni PT Champ Resto Indonesia, Tbk (“Champ Group”) yang didirikan pada tahun 2010. Selain menawarkan masakan Thailand, perusahaan grup restoran ini memiliki merek lainnya yang punya cita rasa berbeda dan saling melengkapi, yaitu, Gokana (masakan Jepang), BMK (masakan Indonesia), Platinum (masakan barat dan fusion), Chopstix (masakan Asia) dan Monsieur Spoon (bakery dan café).

Raa Cha sendiri menyajikan cara bersantap baru, dilengkapi alat masak yang personal dan unik yang mengusung konsep self service dengan beragam variasi menu yang halal, segar, enak dan sehat. Konsep ini menciptakan pengalaman kuliner yang menyenangkan bagi target marketnya yakni masyarakat yang lebih health-conscious dan juga terjangkau.

Selain rasanya yang nikmat dan bergizi, sajian kuah kaldu rebusannya turut memperkaya rasa menu Suki ketika dihidangkan. Kuah yang disajikan serupa dengan panganan Tom Yam Kung yang sudah lebih dulu terkenal. Hal itu yang menjadi pembeda menu Suki dengan menu rebusan lainnya seperti Shabu-shabu, Hotpop dan macam lainnya. Secara agresif, restoran ini pun terus memperluas lokasi penyebarannya di Jabodetabek dan Jawa, hingga kota-kota besar lainnya seperti Bali, Medan, hingga Makassar.

Peluang Franchise Raa Cha Suki BBQ

Melihat perkembangan bisnis kuliner suki yang makin menggeliat dalam beberapa tahun terakhir, membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan untuk diselami dan sayang bila dilewatkan. Pangsa pasar dari bisnis Raa Cha Suki BBQ pun cukup luas karena produk Suki dikategorikan makanan sehat dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan umur.

Sayangnya, melalui laman resmi Champ Resto Indonesia, tidak ada informasi soal franchise Raa Cha Suki. Namun, melihat ekspansi gerai yang dilakukan secara masif, di mana pada akhir bulan Desember 2021, Perseroan ini telah berhasil mengoperasikan 276 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi, menjadikan kesempatan bermitra bukanlah suatu yang mustahil bagi para pebisnis dalam mencicipi keuntungan restoran Thailand ini.

Apalagi, dengan dimuatnya rekam jejak finansial bisnis dari Champ Resto Indonesia, ini artinya perusahaan menawarkan sebuah peluang bagi mitra atau bahkan investor untuk melakukan analisis keuangan perusahaan sebelum memutuskan melakukan kerja sama dengan berbagai opsi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Menguji Kelayakan Bisnis Raa Cha Suki BBQ

Meski, Raa Cha Suki BBQ tidak memberikan informasi soal peluang franchise. Namun, dengan adanya penyediaan data yang transparan di laman resmi Champ Resto Indonesia, seperti laporan keuangan (yang telah di audit), struktur organisasi yang meliputi dewan komisaris dan dewan direksi hingga tata kelola perusahaan. Tentu, ini menjadi sinyal hijau untuk melakukan pertimbangan dalam melakukan kerja sama, termasuk apabila ingin menjadi mitra franchise dari Raa Cha Suki BBQ. Visi jangka panjang perusahaan juga penting untuk Anda cermati karena ini menjadi indikator keberhasilan suatu model usaha.

Skema Kerja Sama Alternatif Bisnis Raa Cha Suki BBQ

Apabila Anda masih tertarik dan melihat peluang bisnis franchise dari Raa Cha Suki sangatlah tinggi, maka sebaiknya demi menghindari ancaman penyalahgunaan merek dagang, Anda wajib menghubungi pihak manajemen untuk memastikan terkait opsi kerja sama yang tersedia.

Sebagai informasi, dalam beberapa kasus di beberapa brand kuliner lainnya, disebutkan bahwa franchise bukan satu-satunya cara untuk bekerja sama. Hal ini dibuktikan, beberapa brand yang tidak menawarkan franchise-nya. Namun, mereka tetap membuka skema kerja sama guna membuka peluang bagi calon mitra. Misalnya, calon mitra dapat menawarkan sejumlah lokasi yang tepat menurut “standar” yang dimiliki oleh brand tersebut. Nantinya, calon mitra bisa mengajukan Business Plan (khusus nya projeksi penjualan) yang dibuat untuk lokasi tersebut. Jika kedua belah pihak mencapai kesepakatan, maka mitra akan mendapat persenan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

franchise kuliner peluang bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top