Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Raja Terkaya di Dunia Tahun 2022

Vajiralongkorn adalah sosok raja paling kaya di dunia saat ini. Raja Thailand itu memiliki total kekayaan sebesar US$44 miliar atau setara Rp 653 triliun, jumla
Al Waleed bin Talal Al Saud
Al Waleed bin Talal Al Saud

Vajiralongkorn hingga Pangeran Hans-Adam II

1. Vajiralongkorn (Raja Thailand)

Vajiralongkorn adalah sosok raja paling kaya di dunia saat ini. Raja Thailand itu memiliki total kekayaan sebesar US$44 miliar atau setara Rp 653 triliun, jumlah kekayaan ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$43 miliar. Melansir dari South China Morning Post, Raja Vajiralongkorn, atau Rama X, naik takhta tak lama setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, pada 2016, sebagai raja kesepuluh dari dinasti Chakri.

Menurut Fortune, sebagian besar kekayaan Raja Vajiralongkorn berasal dari 23 persen sahamnya di Siam Commercial Bank, salah satu pemberi pinjaman terbesar di negara itu, dan Siam Cement Group, konglomerat industri terbesar di negara itu, di mana punya sekitar 200 perusahaan termasuk sektor perhotelan, infrastruktur energi, investasi keuangan hingga pertanian

2. Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud (Arab Saudi)

Berbanding terbalik dengan Raja Salman yang sempat menempatkan putranya sendiri, Mohammed bin Sultan sebagai Putra Mahkota, di mana sang anak menghabiskan sejumlah harta mencapai US$5 miliar dari rekening kerjaan. Hadirnya, raja Arab Saudi "Al Waleed bin Talal Al Saud" sebagai putra pangeran dianggap menjadi sosok pengusaha dan raja terbaik di Arab Saudi yang memiliki kekayaan bersih hingga US$30 miliar atau sekitar Rp445 triliun pada September 2022.

Menurut Bloomberg Pangeran Alwaleed bin Talal Al Saud adalah pendiri Kingdom Holding, konglomerat yang memiliki saham di hotel, real estat, dan ekuitas. Investasi publik grup yang berbasis di Riyadh ini termasuk Citigroup, Snap, Lyft dan Twitter. Dia juga memiliki saham mayoritas di Rotana, penyedia media dan hiburan di Timur Tengah. Nakan. Bahkan, melansir dari Forbes, pada Desember 2016, Alwaleed bergabung dengan Koalisi Energi Terobosan Bill Gates yang punya proyeksi penghasilan hingga US$50 juta.

3. Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah (Brunei)

Hassanal Bolkiah adalah sultan Brunei ke-29, yang memiliki total kekayaan bersih sebesar US$26 miliar atau setara Rp385 triliun. Bolkiah merupakan raja absolut Brunei, yang juga anggota House of Bolkiah yang telah memerintah Brunei sejak tahun 1400-an.

Raja yang dilahirkan pada tanggal 15 Juli 1946 di Brunei Town (sekarang disebut Bandar Seri Begawan). masuk dalam daftar salah satu orang terkaya di dunia. Ia memiliki perusahaan di bidang perbankan, konstruksi, dan pengembangan, minyak dan gas, pengembangan properti, perkapalan, serta manajemen hotel. Uniknya, Raja Brunei yang satu ini juga memiliki koleksi seni yang luas.

4. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan (Uni Emirat Arab)

Mendiang presiden UEA ini memiliki kekayaan bersih sekitar US$20,5 miliar atau setara. Dengan Rp305 triliun.
Adapun, Khalifa adalah putra pertama dari Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang menjabat sebagai penguasa Abu Dhabi dan kepala Dinasti Nahyan dari tahun 1966 hingga 2004. Ia telah berperan penting dalam mengembangkan UEA dengan menggunakan kekayaan minyaknya. Namun, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia, pada bulan Mei 2022 dalam usia 73 tahun.

5. Pangeran Hans-Adam II (Prince of Liechtenstein, Austria)

Hans-Adam adalah raja terkaya di Eropa, dengan total kekayaan bersih sebesar US$7,5 miliar atau setara Rp111 triliun. Dia juga dikenal sebagai sosok raja yang memiliki koleksi seni yang banyak yang ditampilkan untuk umum di Museum Liechtenstein, Wina, Austria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper