Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Tirto Utomo, Pendiri AQUA yang Pernah jadi Wartawan

Di balik kesuksesan air mineral dengan merek Aqua, ada nama Tirto Utomo foundernya yang sempat jatuh bangun dalam membangun bisnisnya hingga sebesar sekarang.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 26 Oktober 2022  |  17:21 WIB
Profil Tirto Utomo, Pendiri AQUA yang Pernah jadi Wartawan
Tirto Utomo - historia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejarah AQUA tak bisa dilepaskan dari sosok Tirto Utomo. Di mana, dirinya merupakan pengusaha Indonesia yang pertama kali memperkenalkan minuman air putih dalam kemasan di Tanah Air itu.

Nama AQUA kini seolah sudah melekat bagi orang Indonesia, bahkan bisa dibilang brand utama AQUA telah menjadi market leader di bisnis air minum dalam kemasan.

Hal ini karena banyak orang yang sudah menyebutkan nama AQUA sebagai nama dari minuman air mineral dalam kemasan secara umum.

Lantas seperti apa sosok Tirto Utomo sebenarnya? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Tirto Utomo, Sosok Pemilik AQUA

Berdasarkan dokumenter milik SehatAQUA, Tirto yang merupakan pendiri dari AQUA terlahir pada 8 Maret 1930 dan meninggal dunia pada 16 Maret 1994. Sebelum mendirikan AQUA, lulusan hukum Universitas Indonesia itu, Tirto pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi Harian Shin Po dan majalah Pantha Warna, hingga kemudian dia bekerja di Pertamina.

AQUA Grup sendiri didirikan pada 1973 oleh dirinya dan menjadi pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia. Melalui PT Golden Mississippi. Pabrik pertamanya yang berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat dirinya mulai mengembangkan produk AQUA hingga bisa diterima masyarakat.

Tentu, usahanya ini tidak langsung menuai kesuksesan. Bahkan pada tahun 1970-an, mengemas minuman air putih atau air tawar ke dalam botol bukanlah suatu yang lazim. Dulu, orang mengonsumsi air dengan merebus air tanah, sehingga ketika mendengar suatu produk membotolkan air putih dianggap sangatlah aneh.

Willy Sidharta selaku Mantan Presiden Direktur PT AQUA Golden Missisipi menjelaskan, di awal tahun AQUA merintis perusahaan terus mengalami kerugian. Namun, berkat kejelian dan kegigihan Tirto dalam melakukan inovasi dan memotivasi tim untuk terus mempromosikan produk, akhirnya membuat AQUA mulai mencapai titik ekuilibriumnya pada tahun 1978.

Seiring produknya yang makin meluas di Tanah Air, pada 1984 AQUA kemudian membangun pabrik kedua di Pandaan, Malang, untuk menyasar pangsa pasar di Jawa Timur.

Setelahnya, pada 1985 untuk menjamin produk AQUA memberikan kualitas air terbaik agar aman untuk dikomsumsi, maka AQUA pun mengembangkan produk dalam bentuk kemasan PET 220 ml.

Tirto Utomo meninggal dunia pada 16 Maret 1994, namun kejayaan AQUA masih berlangsung sebagai produsen air minum lewat PT Tirta Investama.

Perkembangan AQUA Hingga Saat Ini

Untuk terus mengembangkan produk ini, tahun 1998 aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd sebagai minority shareholder dilakukan.

Selanjutnya, PT Tirta Investama, PT AQUA Golden Missisippi dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk bersinergi sebagai Grup AQUA.

Kemudian, pada tahun 2001 Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama, sehingga Daone menjadi pemegang saham mayoritas Grup AQUA.

Sejak berdiri, AQUA telah meraih banyak pencapaian terkait dengan praktek bisnis yang ramah lingkungan, dan melaksanakan tanggung jawab sosial lewat pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aqua tokoh bisnis tokoh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top