Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Miliki HKI

Para pelaku ekonomi kreatif didorong untuk memiiki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) guna melindungi produknya.
repro dgip.go.id
repro dgip.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melalui gelaran Ideafest, mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk sadar dan memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dirinya mengatakan, dalam dunia usaha seperti UMKM dan industri kreatif, selain HKI memiliki dua peranan penting, yaitu sebagai alat perlindungan dari barang atau jasa yang diproduksi, dan sebagai alat untuk optimalisasi bisnis UMKM dan industri kreatif.

HKI juga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi kreatif untuk mendapatkan kredit pembiayaan usaha.

"Sebagai objek jaminan, ini akan memudahkan para UMKM. HKI dapat dijaminkan pada bank, untuk mendapat pinjaman modal usaha. Semakin tinggi nilai dan potensi ekonomi dari kreasi, merek, atau paten yang dimiliki, maka nilai pinjaman yang diberikan bisa semakin besar,” jelasnya pada Bisnis, Kamis (24/11/2022).

Adapun HKI sendiri merupakan ekspresi dari sebuah ide yang telah memenuhi tiga syarat, yaitu pertama, ide itu tidak hanya sebatas ide atau gagasan, tetapi harus diekspresikan dalam bentuk nyata.

Kedua, ekspresi dari ide tersebut belum pernah diungkapkan kepada siapapun dan dimanapun, yang biasa disebut dengan orisinalitas ide.

Ketiga, ekspresi ide tersebut dapat diwujudkan secara nyata, baik dalam bentuk komersial maupun nonkomersial. 

Sandiaga Uno mengatakan Kementeriannya sedang merancang aturan pelaksanaan turunan untuk memuluskan rencana tersebut. Walaupun, hal itu sudah disebut dalam Undang-undang No 24 tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Dia mengatakan hak kekayaan intelektual (HKI) merupakan salah satu kemudahan yang diberikan pemerintah agar pelaku UMKM yang kreatif dapat terus berkembang.

"Kemenparekraf sangat sadar, perlindungan HKI atas implementasi ide-ide usaha harus jadi prioritas, makanya akan terus kami sosialiasikan salah satunya di Ideafest, mengingat para pelaku ekraf di sini berkumpul, jadi secara menyeluruh kami ingin ajak segala ide yang ada itu memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk menjadi sebuah legalitas atas merek produk atau karya yang mereka hasilkan," tutup Sandiaga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper