Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu PIC? Ini Penjelasan Lengkapnya

PIC adalah profesi yang bertanggung jawab atas proyek dalam perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  09:56 WIB
Apa Itu PIC? Ini Penjelasan Lengkapnya
Apa Itu PIC_ Ini Penjelasan Lengkapnya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PIC merupakan salah satu profesi yang sering didengar dalam dunia kerja. PIC atau person in charge merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk sesuatu di sebuah perusahaan baik itu di bagian divisi tim ataupun proyek. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu PIC?

PIC adalah istilah yang diberikan untuk seseorang yang punya tanggung jawab dalam mengontrol jalannya pekerjaan ataupun dalam mengontrol proyek agar dapat sesuai dengan rencana. Biasanya PIC ini ditunjuk Kepala Divisi ataupun Manager. 

PIC artinya seseorang yang diberikan tugas dan tugas tersebut tergantung dari kebutuhan tim. Tanggung jawab dari PIC ini bisa bersifat jangka panjang maupun bersifat jangka pendek. 

Tugas dan tanggung jawab PIC

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya posisi PIC memiliki tugas untuk bisa memastikan proyek berjalan dengan lancar. Seorang yang bertugas sebagai PIC juga harus memantau perkembangan proyek yang dilakukan sampai dengan proyek tersebut selesai. 

PIC harus memberi laporan kepada divisi dan juga kepada manajer untuk menanggapi pertanyaan terkait dengan progres, tugas, target, dan lain sebagainya. Beberapa tugas yang harus dilakukan oleh PIC yaitu sebagai berikut.

  • Memberikan laporan kepada Kepala Divisi atau manajer.
  • Memantau dan juga memastikan proyek yang dilaksanakan berjalan lancar.
  • Memberikan solusi atas masalah yang timbul pada saat proyek berjalan.
  • Melakukan evaluasi pada situasi yang terjadi.
  • Melakukan pengelolaan seluruh kebijakan yang berlaku pada saat proses berjalannya proyek.

Skill yang dibutuhkan untuk PIC

Jika Anda memiliki keinginan besar untuk menjadi seorang PIC ada juga skill yang harus dipenuhi. Tentu saja Seorang Kepala Divisi tidak ingin memberikan Proyek besar kepada seseorang yang tidak memiliki skill khusus. Nah berikut ini beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang PIC.

1. Problem Solving

Skill pertama yang harus dimiliki oleh person in charge adalah problem solving. Dalam menjalankan sebuah tugas tentu saja ada masalah yang mungkin saja dihadapi. Tugas dari PIC di sini harus mampu memecahkan masalah tersebut sebaik mungkin. 

Tidak semua orang bisa memiliki problem solving yang baik. Anda dapat mengasah kemampuan memecahkan masalah sehingga bisa menjadi PIC yang baik. 

2. Komunikasi

Komunikasi ini merupakan skill wajib yang harus dimiliki oleh PIC. Tanpa adanya komunikasi atau kemampuan komunikasi yang baik maka Anda tidak bisa menyampaikan informasi dengan jelas kepada orang lain sehingga kerjasama tim tidak akan terjalin dengan baik.

Jika ingin menjadi PIC maka Anda harus mengasah kemampuan komunikasi sehingga bisa melaksanakan kerja PIC dengan lebih maksimal. 

3. Interpersonal

Kemampuan interpersonal merupakan kemampuan yang juga dibutuhkan oleh PIC. Kemampuan ini sangat baik untuk menjalankan tugas karena akan banyak sekali berinteraksi dengan orang lain.

4. Pengambilan Keputusan

Seorang PIC tentu harus punya kemampuan pengambilan keputusan yang tepat. Apabila seorang PIC tidak bisa mengambil keputusan dengan tepat maka proyek yang dilaksanakan juga tidak bisa dijalankan dengan maksimal. 

Berapa Gaji PIC?

Gaji dari PIC ini beragam tergantung dari proyek yang dikerjakan. Seorang PIC akan mendapatkan keuntungan lain selain gaji yaitu mendapatkan bonus, komisi proyek, bahkan mendapatkan kenaikan jabatan. Selain itu, seorang PIC juga akan memperoleh pengalaman yang luas biasa dalam bidang pekerjaan. 

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan PIC termasuk tugas tanggung jawab dan skill yang dibutuhkan sebagai seorang PIC. Jika ingin menjadi seorang PIC, persiapkan skill dengan baik sejak sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PIC proyek tokoh bisnis perusahaan gaji
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top