Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rex Marindo Founder Warunk Upnormal, Si Mantan Konsultan Pemasaran jadi Entrepreneur

Pemilik Warunk Upnormal ternyata dalah mantan konsultan pemasaran yang nekad jadi pebisnis.
Rex Marindo/instagram
Rex Marindo/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Warunk Upnormal kini tengah menjadi sorotan, usai masuk peringkat pertama sebagai kafe terfavorit gen-z yang dilakukan oleh Survei Top Brand Index (TBI).

Warunk Upnormal sendiri adalah restoran dengan desain modern minimalis yang dilengkapi free WiFi dan menu andalan fast food Indonesia seperti aneka hidangan sajian mie, nasi goreng, roti bakar, dan lainnya.

Sejak didirikan di Bandung pada tahun 2014 dan memiliki 113 outlet di hampir seluruh Indonesia. Nyatanya, dibalik kesuksesan Warunk Upnormal ada sosok Rex Marindo.

Lantas, seperti apa sosok Rex Marindo ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Sebelum memulai usaha kuliner, Rex Marindo merupakan lulusan Universitas Parahyangan Bandung.

Dalam wawancaranya dengan Dr. Indrawan Nugroho, dirinya mengakui awal berkarier sebagai brand and marketing consultant. Namun saat menjadi konsultan, Rex sadar bahwa dia tidak akan bisa pensiun di usia 40 tahun.

“2013 saya bepikir, selama ini puluhan kita bantu perusahaan lain. Kenapa kita nggak urusin perusahaan kita aja? Istilahnya saat itu bakar kapal. Nggak bisa mundur, Cuma bisa maju. Karena, saat itu kita sudah off kontrak, mau fokus berbisnis” ungkap Rex. 

Hingga akhirnya, dia memantapkan diri untuk membuka warung nasi goreng. Dengan modal Rp100 juta, dia pun membagi modal tersebut menjadi dua. Satu untuk sewa tempat, dan yang lain untuk operasional. Kesuksesan di bidang nasi goreng membuat Rex tidak berpuas diri. Rex pun menambahkan menu baru, yakni mie instan yang disukai banyak orang.

Usaha kulinernya pun melejit dengan cepat. Hanya dalam kurun waktu 4 tahun, usaha Rex dengan mengajak kawannya untuk usaha kuliner membuahkan hasil. Tercatat, Nasi Goreng Rempah Mafia saat ini memiliki 33 outlet di 17 kota.

Berbekal kesuksesannya, Rex bersama rekan kerjanya pun lantas mendirikan lini usaha baru dengan mendirikan PT Citarasaprima Indonesia Ferjaya (CRP) yang membawahi beragam brand, mulai dari Goreng Rempah Mafia, Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, Sambal Khas Karmila, Fish Wow Cheeseee (FWC), dan Upnormal Coffee Roaster yang juga menuai kesuksesan.

Strategi Warunk Upnormal Raih Kesuksesan

Dirinya mengatakan, untuk menjadikan sebuah bisnis sukses, maka selain menjaga komitmen, membuat perencanaan yang matang dan memahami target pasar adalah hal penting yang harus diketahui, dipahami, dan ditetapkan terlebih dulu sebelum memulai langkah berbisnis. 

Jika setiap outlet Warunk Upnormal banyak tersedia colokan, Wi-Fi gratis, desain tempat yang minimalis, plating makanan yang unik, hingga beraneka boardgame. Tentunya, berbagai macam fasilitas tersebut, tak lepas dari pengamatan Rex Marindo terhadap sasaran konsumen. Baginya, mengenal target pasar adalah hal penting yang harus dipahami dan ditetapkan sebelum memulai bisnis.

Adapun sebelum membuka usaha Warunk Upnormal, Rex melakukan riset mendalam terhadap target konsumen, mulai dari kegiatan sehari-hari calon konsumen, apa yang mereka sukai saat di kafe, dan apa yang membuat mereka betah.

Walaupun dirinya terhitung nekat karena banting setir meninggalkan bisnis konsultan pemasaran dan menjadi seorang entrepreneur, bukan berarti Rex Marindo dan tidak sama sekali memperhitungkan risiko atas bidang yang akan digelutinya.

Tapi dengan modal ilmu bisnis yang dipelajari, Rex Marindo dan bisa membuat makanan ini jadi naik level dan memiliki target konsumen tersendiri.

“Kunci utama itu ilmu. Jangan modal nekat, itu kayak bunuh diri. Kalau pakai ilmu, tetap ada risiko gambling tapi persentasenya berkurang karena sudah mengerti ini-itunya. Gunakan plan testing dengan kompetitor, survei. Nah itu semua kan ilmu untuk meminimalisir risiko. Ilmu mendekatkan dengan keberhasilan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper