Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Pertahankan Bisnis dengan Teknologi Software

Teknologi software disebut bisa membantu pebisnis mempertahankan bisnisnya tetap bertahan di tengah persaingan.
Ilustrasi software
Ilustrasi software

Bisnis.com, JAKARTA - Di era industri 4.0 yang semakin berkembang pesat saat ini, bisnis harus dihadapi dengan tantangan besar untuk tetap kompetitif dan beradaptasi dengan transformasi digital.

Namun memanfaatkan alat transformasi digital nyatanya tak selalu mudah. Bisnis perlu menyiapkan strategi dengan matang dan sangat hati-hati, karena mengadopsi industri 4.0 bisa menghadirkan risiko tertentu bagi bisnis.

Industri 4.0 sendiri merupakan transformasi digital yang mencakup automasi, penyimpanan data, artificial intelligence (AI), dan lainnya. Ini dapat diterapkan dan didukung dengan penggunaan berbagai teknologi software seperti ERP (Enterprise Resource Planning), Cloud, OCR (Optical Character Recognition), dan masih banyak lagi.

Lili Hartono selaku Business One Leader SAP Indonesia mengatakan meningkatkan performa bisnis dan membuat operasional bisnis jadi lebih efisien dengan selalu memanfaatkan inovasi dan teknologi baru.

"Semisal teknologi investasi ERP, yang diibaratkan hampir menyerupai asuransi. Banyak orang memiliki asuransi untuk berjaga-jaga mengurangi kemungkinan risiko dari musibah yang bisa terjadi kapan saja. Begitu pula dengan ERP, tujuan sistem ini membantu perusahaan menjaga perkembangan bisnisnya di pasaran," ujarnya dalam workshop bertajuk “Business Hacks 2023: Cara Menghindar dari Gelombang PHK Besar-Besaran” dikutip dari keterangan tertulisnya.

Lili Hartono mengatakan, sejak Maret 2020 saat pandemi Covid-19 pertama kali melanda Indonesia hingga akhir tahun 2020, ada banyak klien mereka yang memilih membeli sistem. Di tengah banyaknya perusahaan lain yang melakukan PHK akibat pandemi, mereka justru menjadikan ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri dan perusahaannya.

“Mereka antisipasi diri mereka sendiri karena mereka melihat bisnis mereka memang slow down. Itu adalah saat yang tepat bagi mereka untuk menggunakan sistem. Jadi pada saat keadaan nanti kembali normal, mereka sudah siap untuk lari,” tuturnya.

Sementara itu, PT Beone Optima Solusi memaparkan, ada dua solusi software miliknya, yaitu SAP Business One dan SAP Business ByDesign. Keduanya merupakan sistem software laporan keuangan perusahaan yang dirancang untuk membantu operasional bisnis, dari bisnis kecil menengah hingga bisnis besar, menjadi lebih efisien.

Kedua platform tersebut juga disebutkan dapat mengintegrasi Financials, Sales, Service, Inventory, Purchasing, CRM, dan Reporting ke dalam rangkaian bisnis yang terhubung dan SAP ERP ini dapat juga diintegrasikan dengan aplikasi third party, seperti WMS, Banking, POS.

Bony Fancius Direktur PT Solusi Aplikasi Integrasi mengatakan, investasi sistem ERP di perusahaan menjamin penghematan biaya operasional secara menyeluruh, meningkatkan revenue, mengurangi risiko kecurangan dan kelalaian, serta meningkatkan customer experience. Hasil laporan yang real time juga membuat bisnis menghemat banyak waktu karena dapat memantau cabang perusahaan lainnya dengan hanya memantau layar komputer.

Menurut Ester Simanjuntak selaku Commercial manager PT Beone Optima Solusi, hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software ERP ialah yang fondasinya sudah kokoh dan bisa menunjang perusahaan yang terus bertumbuh. Baginya sistem ERP yang digunakan perusahaan itu ibarat fondasi, pastinya fondasi itu harus kokoh.

“Apabila fondasinya ringkih, maka di saat perusahaan ingin lebih berkembang atau bahkan berekspansi ke luar negeri mungkin terpaksa harus investasi ulang dari sisi sistemnya. Tapi kalau sudah menggunakan sistem yang established dan pondasi yang kokoh, maka begitu perusahaan sudah semakin berkembang tentu tidak perlu investasi ulang lagi untuk pengadaan sistem,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper