Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Catur Gunadi, Lulusan ITB yang Kembangkan Bisnis Konsultan Penerbangan

Lulusan ITB ini sukses mengembangkan bisnis konsultan penerbangan dengan nama HM Aviation
Catur Gunadi
Catur Gunadi

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan konsultan penerbangan sejatinya masih dalam hitungan jari. Layanan kebutuhan jasa konsultan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan masih sangat terbatas.

Padahal, berdasarkan laporan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia menyebutkan dengan didukung kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki lebih dari 17 ribu pulau membentang lebih dari lima ribu kilometer dari timur ke barat, menjadikan transportasi udara akan menjadi tulang punggung transportasi dan konektivitas nasional, serta penggerak utama perekonomian Indonesia.

Apalagi kini situasi pasca covid perlahan mulai kembali mencapai titik normal dan diperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang udara yang membutuhkan moda transportasi udara.

Maka, kehadiran perusahaan konsultan penerbangan menjadi sangat penting untuk bisa menyediakan layanan yang baik dan aman.

Adapun, salah satu perusahaan konsultan penerbangan yang terkemuka di Indonesia adalah HM Aviation yang dimiliki oleh Muhamad Catur Gunadi, alumni Ilmu Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pria yang akrab disapa Mister Catur ini juga pernah menduduki posisi strategis dalam organisasi Ikatan Alumni Penerbangan ITB sebagai Chief of Financing Development.

Lantas, seperti apa profil bisnis dari HM Aviation ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Bisnis HM Aviation

HM Aviation Consultant & Engineering Services adalah perusahaan konsultansi bidang penerbangan yang memberikan layanan jasa konsultansi manajemen proses bisnis penerbangan dan layanan jasa engineering pesawat terbang serta layanan jasa konstruksi bandar udara yang berbasis di Kota Bandung.

Mengutip dari HM Aviation, Rabu (28/12/2022) perusahaan yang berbasis di bidang konsultasi penerbangan itu fokus melengkapi kebutuhan perusahaan, mulai dari penerbangan, perbaikan, sekolah pendidikan penerbangan, bandara, hingga jasa pendukung penerbangan lainnya, seperti training center 142, ground handling sekaligus air navigation.

“HM Aviation juga memberikan pantauan terkait keselamatan operasi harian penerbangan untuk perusahan Minyak dan Gas (OGP) dan engukur tingkat kelaikan pesawat menurut ketentuan peraturan keselamatan penerbangan (CASR),” jelasnya.

Melalui peranannya, perusahaan konsultan tersebut bertanggung jawab untuk mengawasi prosedur pengawasan lalu lintas udara, serta mengembangkan dan mengimplementasikan program sertifikasi penerbangan. Bahkan, dijelaskan bahwa HM Aviation dijalankan oleh konsultan ahli sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Meskipun HM Aviation adalah perusahaan yang baru berdiri, akan tetapi pengalaman personil konsultan dan tenaga ahli di industri penerbangan telah lebih dari 14 tahun,” tulis manajemen dalam situs.

Disebutkan pula HM Aviation berperan aktif dalam kegiatan industri penerbangan Indonesia sebagai katalisator tumbuhnya bisnis penerbangan yang semakin baik berdaya saing internasional serta membangun kerja sama dengan para stake holders industri penerbangan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper