Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Sosok Delphine Arnault, Nakhoda Baru Christian Dior

Mengenal lebih jauh sosok Delphine Arnault, yang baru saja ditunjuk jadi CEO Christian Dior oleh Bernard Arnault.
Mengenal Sosok Delphine Arnault, Nakhoda Baru Christian Dior
Mengenal Sosok Delphine Arnault, Nakhoda Baru Christian Dior

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Delphine Arnault kini ramai diperbincangkan. Usai, per Januari 2023 sang Ayah Bernard Arnault, orang terkaya di dunia telah menunjuk sang putri sulung untuk menjadi CEO dari Christian Dior, merek terbesar kedua di kerajaan barang mewah LVMH senilai US$184,7 miliar atau setara dengan Rp2.835 triliun.

Meski, pria berusia 73 tahun yang sukses menyalip kekayaan pengusaha AS,  Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia telah memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada sang anak perempuannya. namun belum ada tanda-tanda bahwa Arnault berencana untuk mundur dalam waktu dekat.

Lantas, seperti apa sosok dari Delphine Arnault yang kini dipercaya memimpin brand mewah Cristian Dior ke pasar dunia tersebut?

Profil Delphine Arnault

Delphine Arnault adalah anak pertama dan satu-satunya putri dari Bernard Arnault. Delphine lahir pada tahun 1975 dari pasangan Bernard dan Anne Dewavrin.

Melansir dari Business Insider, sedari kecil Delphine bersekolah di sekolah Prancis-Amerika, tak heran jika dirinya menjadi fasih berbahasa Inggris. Kemudian, singkat cerita dirinya pun melanjutkan studi di London School of Economics dan lulus pada tahun 1997. 

Adapun, Delphine mengawali karier ke industri mode tidak seta merta terjun langsung ke LVMH Group milik sang Ayah. Diketahui, usai menyelesaikan pendidikannya, dia pun mengawali kariernya sebagai konsultan di perusahaan konsultan strategi internasional McKinsey selama dua tahun. 

Lalu pada 2000, dia akhirnya bergabung dengan perusahaan milik ayahnya, LVMH. Sejak saat itulah, dia mulai ikut mengembangkan label fashion John Galliano, sekaligus terjun langsung di industri fashion. 

Selanjutnya, tepatnya pada tahun 20021, Delphine bergabung dengan Komite Eksekutif Christian Dior Couture di mana dia diangkat sebagai Wakil Direktur Pelaksana. Dia tetap di sini dengan layanan ini selama 12 tahun ke depan. 

Mengenal Sosok Delphine Arnault, Nakhoda Baru Christian Dior

Menurut situs web LVMH, Delphine bergabung dengan Louis Vuitton sebagai Wakil Presiden Eksekutif pada September 2013. Dia bertanggung jawab untuk mengawasi semua aktivitas terkait produk Louis Vuitton, kata situs resmi tersebut. 

Berkat kepiawaiannya dalam melakukan strategi, salah satunya dengan membuat terobosan yakni menghadirkan desainer muda untuk bisa terus memperhatikan tren global dan selera pasar. Alhasil, perusahaan tersebut memenangkan persaingan di lini barang mewah. Adapun, salah satu desainer muda yang sukses jadi andalan adalah Nicolas Ghesquière, yang kini menjabat sebagai direktur artistik Louis Vuitton. 

Atas prestasinya tersebut, kemudian pada Januari 2019, Delphine pun diangkat menjadi anggota Komite Eksekutif LVMH. Kabarnya Delphine Arnault yang saat itu berusia 43 tahun pun menjadi anggota termuda dan wanita kedua di jajaran anggota Dewan Direksi LVMH dan Komite Eksekutif.

"Di bawah kepemimpinannya, keinginan terhadap produk Louis Vuitton meningkat secara signifikan, memungkinkan merek tersebut mencetak rekor penjualan baru secara teratur," kata Bernard Arnault dalam sebuah pernyataan dilansir dari Business Insider, Kamis (12/1/2023).  

Bagi sang Ayah, wawasan Delphine yang tajam dan pengalamannya yang tak tertandingi akan menjadi aset yang menentukan dalam mendorong perkembangan berkelanjutan Christian Dior

Sebagai sebuah grup, LVMH membukukan penjualan lebih dari US$60 miliar atau setara dengan Rp919 triliun pada tiga kuartal pertama tahun 2022, naik 28 persen dari periode yang sama pada tahun 2021. Perusahaan tidak memisahkan informasi keuangan berdasarkan merek.

Mengenal Sosok Delphine Arnault, Nakhoda Baru Christian Dior

Bagi banyak analis, langkah restrukturisasi ini sangat signifikan, karena rencana yang strategis telah berperan penting bagi kesuksesan merek-merek utama LVMH selama 20 tahun terakhir.

Terkait kehidupan pribadinya, diketahui Delphine Arnault adalah sosok yang tertutup. Namun, sejumlah fakta yang diketahui publik, bahwa dirinya pernah menikah dengan pewaris bisnis anggur asal Italia, Alessandro Vallarino Gancia pada tahun 2005 dan bercerai pada tahun 2010.

Kemudian, dia kembali diberitakan tengah menjalin hubungan dan tinggal bersama dengan seorang pengusaha di bidang teknologi, Xavier Niel. Keduanya juga telah dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Elise Niel.

 “Saya saya lebih suka fokus pada pekerjaan,” jelasnya dalam sebuah wawancara dengan Financial Times. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler