Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Buka Bisnis Kopi Kekinian? Ikuti 7 Tips Suksesnya

Bisnis kopi kekinian yang sukses juga ditentukan oleh barista hebat yang pandai melayani pelanggan.
Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi masih menjadi primadona masyarakat Indonesia saat ini. Kopi dapat disajikan sembari nongkrong bersama teman, membaca buku, hingga mengerjakan tugas sekalipun. Oleh karena itu, kopi kekinian menjadi pilihan yang tepat untuk berbisnis. Ini tips sukses membuka bisnis kopi kekinian.

Kopi menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Dilansir dari Bplans.com, Sabtu (27/1/2023) parah ahli menyebut bahwa masyarakat dunia bisa mengonsumsi sekitar 2,5 miliar cangkir kopi sehari.  Inilah yang menjadikan alasan mengapa bisnis coffeshop diperkirakan tumbuh sebesar 67 persen sejak tahun 2022 lalu.

Jangan asal membuka kedai, Anda perlu memperhatikan beberapa strategi agar terhindar dari kerugian. Meskipun kopi kekinian disebut sebagai salah satu bisnis yang paling menguntungkan, tidak dapat dipungkiri bahwa Anda juga akan berisiko mengalami kegagalan. Sebab, saat ini sudah banyak kedai kopi yang cukup eksis di beberapa tempat.

Simak tips sukses membuka bisnis kopi kekinian berikut:

1. Tentukan Rencana Bisnis

Langkah terpenting yang harus Anda ambil untuk memulai bisnis kopi kekinian adalah dengan menentukan terlebih dahulu rencana bisnis.

Rencana ini mencangkup seperti apa ciri khas bisnis coffeshop Anda, siapa yang akan menjadi target pasar, bagaimana cara Anda membuat bisnis ini menjadi untung, siapa saja pesaing, hingga apa sebenarnya tujuan dari Anda memilih untuk membuka bisnis ini.

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda membuat rencana bisnis inidengan matang. Sebab, rencana ini merupakan bagian penting yang memuat proses dari setiap bagian yang akan Anda lakukan ke depan.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Bisnis apapun itu akan menjadi sukses jika berada di tempat yang strategis. Parameter dari lokasi strategis terlihat dari tempatnya yang berada di pusat wilayah (sentral), mudah diakses, banyak dilalui oleh masyarakat, dan bangunan
ruang yang sesuai dengan visi Anda.

Belajar dari pengalaman Jack Wilson, seorang pemilik Radio Coffee and Beer dia berpesan kepada para pebisnis bahwa menemukan tempat impian untuk membuka bisnis itu tidak akan terjadi dalam semalam.

Bahkan kala itu timnya harus menjelajahi kota demi kota, mengintai setiap lokasi, bahkan menghitung lalu lintas pejalan kaki. Selain itu dia juga pernah mencari bekas ruang restoran untuk dijadikan kedai. Kala itu dia berpikir bahwa ruang restoran menjadi opsi yang sangat tepat karena dia tidak perlu merombak semuanya dari awal.

3. Perhatikan Dekorasi dan Ketersediaan Bahan

Setelah menemukan lokasi yang pas, selanjutnya adalah mendekor tempat bisnis Anda menjadi tempat yang lebih menarik. Pilihlah warna dan furniture yang menggambarkan bisnis Anda. Kemudian atur pula posisi bangku pelanggan agar mereka dapat menikmati kopi dengan nyaman. Selain itu jangan lupa lengkapi dengan pendingin ruangan, WiFi, maupun musik.

Tak hanya itu, pastikan pula ketersediaan bahan dari bisnis Anda. Tentukan beragam menu kopi kekinian yang akan dijual dengan bahan-bahan yang berkualitas. Jenis biji kopi dan supplier menjadi kunci utama dalam bisnis ini.

4. Libatkan Akuntan

Salah satu nasihat terbaik dari Jack Wilson adalah melibatkan seorang akuntan untuk memastikan rencana keuangan bisnis Anda. Pastikan Anda dapat menemukan seseorang yang bisa dipercaya untuk membantu mencapai tujuan bisnis Anda. Apabila Anda tidak dapat langsung mempekerjakan seorang akuntan, Anda juga dapat sekedar meminta saran kepada mereka atau memanfaatkan aplikasi akuntan online.

5. Pekerjakan Barista yang Terampil

Bisnis kopi yang sukses juga ditentukan dari barista hebat yang pandai melayani pelanggan. Disarankan untuk menempatkan barista yang terampil dalam meracik kopi kekinian, mampu bekerja sama dengan tim dan bisa berkomunikasi dengan baik ke setiap pelanggan. Cara ini terbukti dapat meningkatkan angka penjualan.

6. Hemat dalam Pengeluaran Awal

Saat mengidentifikasi biaya awal , jangan lupa bahwa Anda perlu mempertimbangkan pengeluaran pribadi Anda di samping bisnis Anda. Semua waktu dan energi Anda akan dicurahkan untuk bisnis baru yang berpotensi tidak menguntungkan. Jack Wilson menyarankan agar pebisnis pemula dapat menyisihkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran pribadi setidaknya selama enam bulan.

7. Gencarkan Promosi

Promosi menjadi aspek yang penting untuk memasarkan bisnis Anda di era modern seperti sekarang ini. Manfaatkan media sosial mulai dari TikTok, Instagram, Facebook dan lainnya. Lakukan promosi sebelum bisnis Anda resmi dibuka. Sebab, apabila Anda mulai memasarkan pada hari Anda pembukaan, Anda sudah tertinggal. Pada hari pembukaan pasti Anda ingin melihat orang-orang bersemangat untuk datang. Oleh karena itu, lakukan promosi jauh sebelum hari pembukaan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper