Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Jaringan Supermarket Terbesar Dunia, Ada 7-Eleven dan Carrefour

Berikut daftar jaringan supermarket terbesar yang ada di seluruh dunia.
Penembakan di supermarket Walmart di Virgina, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (22/11/2022). Tujuh orang tewas termasuk pelaku yang bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri./Istimewa
Penembakan di supermarket Walmart di Virgina, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (22/11/2022). Tujuh orang tewas termasuk pelaku yang bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri./Istimewa

6. Lidl, Jerman

Lidl adalah rantai supermarket terbesar keenam di dunia dengan lebih dari 10.000 gerai. Didirikan pada tahun 1930, franchise ini telah berkembang dari Neckarsulm di Jerman menjadi 28 negara. Lidl menargetkan pasar Eropa dengan gerai di Austria hingga Finlandia. 

Lidl telah menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 315.000 staf. Omset tahunan lebih dari 48 miliar euro atau setara dengan Rp781,9 triliun. 

7. Tesco, Inggris 

Jaringan supermarket Tesco mengoperasikan 6.784 gerai di seluruh dunia. Berdiri pada 1919, toko Tesco pertama telah dibuka, menawarkan dengan menawarkan dry food di London Utara. Tesco saat ini sudah memiliki 6.800 toko dengan 445.311 karyawan Dengan kantor pusat di Inggris, jaringan ini memiliki gerai di 12 negara. 

8. Ahold Delhaize, Belanda

Perusahaan ritel multinasional asal Belanda Ahold Delhaize berdiri pada1867. Adapun, perusahaan ini bermula dari hasil merger antara Dutch Ahold dan Belgian Delhaize Group. 

Model bisnisnya meliputi supermarket, toko serba ada, hipermarket, grosir online, non-makanan online, apotek, dan pengecer minuman beralkohol. 

Perusahaan yang berbasis di Belanda Ahold Delhaize mengendalikan 6.556 lokasi di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. 21 merek regionalnya mempekerjakan 375.000 orang di 6.500 gerai di 11 negara, terutama di Belanda dan Belgia.

9. BiM, Turki

BiM lias Birleşik Maazalar A (disingkat BiM) adalah supermarket yang berbasis di Turki. Gerainya menyebar ke Maroko dan Mesir. BiM memiliki total 6.122 gerai. 

Adapun, bisnis ini didirikan oleh sekelompok investor yang dipimpin oleh Cuneyd Zapsu mendirikan Bim A pada tahun 1995.

Mustafa Latif Topbaş saat ini merupakan pemangku kepentingan terbesar. Dimulai dengan hanya 21 toko, B&M berkembang pesat hingga menjalankan 10.330 toko pada kuartal ketiga tahun 2022. Meski tidak memberikan peluang waralaba, tapi tokonya sukses memiliki gerai di Mesir dan Maroko dengan total 10.330 outlet.

10. CBA Supermarket, Hungaria

CBA adalah supermarket dengan gerai di 11 negara di benua Eropa. Didirikan pada tahun 1992, telah mempekerjakan lebih dari 30.000 staf. Markas besarnya ada di Hungaria. Outlet berada di Slovakia, Lituania, Kroasia, Serbia, Bulgaria, Malta, Yunani, Montenegro, Italia, Rumania, dan Polandia.

11. Migros, Swiss

Migros adalah rantai supermarket, pengecer, dan pemberi kerja terbesar di Swiss. Itu juga salah satu dari empat puluh pengecer teratas di seluruh dunia. Dengan lebih dari 4.000 lokasi dan pendapatan tahunan US$4 miliar, Migros termasuk di antara 10 pedagang supermarket global teratas.

12. Penny Market, Jerman

Penny Market adalah nama merek untuk grup jaringan ritel berbiaya rendah dengan 3.600 toko di seluruh dunia. Perusahaan ini ini didirikan pada tahun 1973 oleh Leibbrand Gruppe dan Grup Rewe telah menjadi pemilik tunggalnya sejak tahun 1989.

Adapun, pasar bagi supermarket ini adalah Austria, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, Italia, Rumania, dan Inggris. Sejuah ini, Penny memiliki lebih dari 3.600 lokasi dan 27.000 karyawan dan penjualanannya pertahun mencapai 7 miliar euro di Jerman atau setara dengan Rp114 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper