Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menangkap Prospek Bisnis Cinderamata yang Kian Cerah

BIG, pelaku usaha cinderamata menawarkan jaminan kerja sama dengan 100% uang kembali setiap saat.
Best Indonesian Gift
Best Indonesian Gift

Bisnis.com, JAKARTA – Seiring perkembangan industri pariwisata di Indonesia, mendongkrak pertumbuhan bisnis oleh-oleh atau cinderamata. Salah satu pemain yang berkecimpung dalam bisnis cinderamata sejak 2014 adalah Best Indonesian Gift (BIG).

Frida, Direktur Utama Best Indonesia Gift mengatakan wisatawan lokal maupun asing memiliki keinginan untuk mendapatkan cinderamata yang unik, berkualitas baik, harga terjangkau, dan ‘up to date’ dengan inovasi, yang pada akhirnya dijadikan koleksi kenangan kenangan.

Karena itulah pihaknya mencoba mengembangkan bisnis ini sekaligus untuk mendukung pariwisata dan memperkenalkan Indonesia ke mata dunia melalui produk merchandise pariwisata yang dibuat secara lebih modern.

Adapun produk yang dihasilkan antara lain Gantungan Kunci, Pembuka Botol, Magnet Kulkas, Mug, Tas, Lilin Aromaterapi, T-Shirt, serta masih banyak lagi yang kesemuanya dikemas dengan menarik dan bertemakan objek wisata sesuai dengan daerah masing masing.

“Saat ini belum ada perusahan di Indonesia yang berfokus pada bisnis ini dengan skala nasional. Kami mencoba menjawab tantangan ini dengan membuat produk cinderamata berkualitas tinggi dan disukai kaum traveler di segala kalangan, tua atau muda,” terangnya.

Frida mengatakan bahwa pihaknya telah berinovasi sehingga produk cinderamata yang dihasilkan akan selalu berbeda dan lebih menarik dari sebelum nya. BIG juga membuat cinderamata yang unik sesuai dengan setiap daerah.

Distribusi ke mal besar

Selain di Bali, BIG kini telah mendistribusikan cinderamata di berbagai lokasi di Indonesia seperti di Jakarta, Lombok, Surabaya, Semarang, Jogja, Labuan Bajo, Manado, dan kota kota lainnya. Serta tersedia di gerai-gerai ritel modern seperti Sarinah, Alun-alun Indonesia, GWK Cultural Park, Museum Sejarah Jakarta, Bali Zoo, WHSmith, Indomaret, Trans Studio , Hypermart, Periplus, Gramedia dan lainnya.

Bentuk dukungan BIG terhadap pariwisata Indonesia tidak hanya melalui distribusi produk cinderamata di perusahaan besar, tetapi juga melalui program mentoring dan peluang usaha kepada Pengusaha lokal.

Frida mengatakan bagi masyarakat yang berminat memasarkan produk Cinderamata tetapi belum memiliki pengalaman dan produk yang terpercaya, ada 3 pilihan Paket Produk Usaha beserta Mentoring yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, BIG juga menawarkan jaminan kerja sama dengan 100% uang kembali setiap saat.

Program mentoring dan kerjasama ini didesain untuk memudahkan siapa saja yang memiliki lokasi usaha di area pariwisata lokal untuk dapat menikmati peluang menguntungkan dengan 3 jaminan seperti Refundable, Exchangeable dan Profitable.

“Kami merupakan pelopor pertama Indonesian Tourism Merchandise, yang juga mendukung Entrepreneur muda untuk memajukan pariwisata Indonesia dengan lebih banyak memasarkan produk premium di kota kebanggaan mereka,” ucapnya.

Kesuksesan program ini tercermin pada salah satu partner BIG di Nusa Penida, Store Nak Nuse yang mengambil program dengan Paket Nusantara. Berbagai dukungan mentoring mengenai strategi pemasaran, penyediaan display unit, store branding, hingga pengembangan produk khusus Nusa Penida disediakan oleh BIG.

Selain itu, BIG baru-baru ini memperkenalkan maskot BIG Family yang mewakili  pariwisata Indonesia seperti Modo si Komodo, Garu si Burung Garuda, Uut si Orang Utan, dan sepasang muda-mudi asal Bali, Bli Made dan Gek Ayu.

“Launching maskot baru kita ini merupakan awal untuk mempopulerkan karakter BIG FAMILY sebagai karakter citra perwakilan pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper