Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Strategi Bisnis 2023 yang Bakal Sukses, Pebisnis Wajib Nyontek

Para pebisnis wajib memahami tren strategi bisnis 2023 yang akan sukses demi memuluskan bisnisnya.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

6. Mencari peluang pendanaan dan investasi dengan memanfaatkan inovasi teknologi

Meskipun iklim ekonomi mungkin menantang, masih ada peluang bagi bisnis untuk mengamankan pendanaan dan investasi. Ini bisa berasal dari sumber tradisional seperti bank dan pemodal ventura atau dari sumber alternatif seperti platform crowdfunding atau akselerator. 

Bahkan bisnis konvensional harus mempertimbangkan untuk menambahkan komponen teknologi ke penawaran mereka agar lebih menarik bagi investor dan pemberi pinjaman pada tahun 2023.

7. Tetap gesit dan mudah beradaptasi

Di saat ketidakpastian pada 2023, sebaiknya bisnis tetap gesit dan mudah beradaptasi sehingga mereka dapat berputar dengan cepat saat kondisi pasar berubah. Penting untuk bisa menyesuaikan model bisnis, mengalihkan fokus ke produk atau layanan baru atau menjelajahi saluran baru untuk pertumbuhan. 

Pada akhirnya, kunci yang membuat bisnis terus berjalan adalah dengan memanfaatkan teknologi dan efisiensi karyawan sambil memberdayakan pelanggan. 

Misalnya, memungkinkan pelanggan untuk memproses pembayaran dan membangun produk mereka melalui antarmuka web Anda, pertimbangkan untuk menutup kantor dan mempekerjakan karyawan secara work from anywhere (WFA) atau mencari mitra usaha patungan yang telah membuktikan kesuksesan pasar.

8. Fokus terhadap nilai produk atau layanan yang ditawarkan

Di masa ketidakpastian ekonomi, semakin penting untuk mengomunikasikan dengan jelas nilai produk atau layanan Anda kepada pelanggan. 

Dengan menyoroti manfaat yang ditawarkan oleh penawaran Anda, bisnis dapat membedakan dirinya dari pesaing dan meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian. Ini mungkin melibatkan pemanfaatan firma hubungan masyarakat dan penggunaan AI untuk mengomunikasikan penawaran Anda melalui platform pemasaran online dan media sosial.

9. Manfaatkan saluran pemasaran dan periklanan berbiaya rendah

Meskipun saluran pemasaran dan periklanan tradisional mungkin kurang efektif di saat ketidakpastian ekonomi, masih banyak pilihan berbiaya rendah yang tersedia untuk bisnis, mulai dari pemanfaatan media sosial gratis dengan cara membuat konten yang menarik perhatian. 

Tentunya, dengan mengikuti strategi umum ini, bisnis dapat memitigasi risiko ekonomi tahun 2023 dan mendapat manfaat dari tren teknologi baru bisa membuat sebuah usaha bertahan tanpa harus mengalami kebangkrutan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper