Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masatoshi Ito, Miliarder Jepang Pendiri 7-Eleven Meninggal Dunia

Miliarder Jepang Masatoshi Ito, sosok di balik suksesnya franchise minimarket 7-Eleven, meninggal di usia 98 tahun.
Pendiri toko swalayan 7-Eleven, Masatoshi Ito meninggal dunia di usia 98 tahun. Dok Bloomberg.
Pendiri toko swalayan 7-Eleven, Masatoshi Ito meninggal dunia di usia 98 tahun. Dok Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Jepang Masatoshi Ito, yang membuat toko swalayan dan minimarket 7-Eleven menjadi kerajaan bisnis global, meninggal dunia pada usia 98 tahun. 

Operator Seven & i Holdings memberikan keterangan, penyebab meninggalnya Masatoshi karena usianya yang memang sudah tua. 

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepadanya atas kebaikannya selama hidupnya," kata perusahaan tersebut seperti dikutip, Selasa (14/3/2023). 

Sebagai informasi, saat ini ada lebih dari 83.000 toko 7-Eleven di seluruh dunia, dengan seperempatnya berlokasi di Jepang.

Pada tahun 1956, Masatoshi Ito mengambil alih bisnis toko pakaian kecil Tokyo yang dijalankan oleh pamannya yang saat itu adalah saudara tirinya.

Masatoshi Ito kemudian menamainya Ito-Yokado dan mengubah bisnis menjadi jaringan toko serba ada yang menjual segala sesuatu mulai dari bahan makanan hingga pakaian dan menjadi publik pada 1972.

Pada tahun yang sama, seorang eksekutif di Ito-Yokado, Toshifumi Suzuki, melihat toko 7-Eleven saat berkunjung ke AS.

Melihat peluang pasar yang bagus, membuat Ito-Yokado melakukan kesepakatan dengan pemilik 7-Eleven, Southland Corporation yang berbasis di AS untuk bisa membuka 7-Eleven pertama di Jepang pada 1974. 

Sampai akhirnya, dengan potensi bisnis yang baik, perusahaan Masatoshi Ito pun memilih mengakuisisi saham pengendali di Southland Corporation pada Maret 1990.

“Saya sering ditanya apakah saya berhasil karena kerja keras atau karena saya hanya beruntung. Sebenarnya jawabannya ada di antara keduanya,” kata Masatoshi Ito dilansir dari BBC, Selasa (14/3/2023). 

Menurutnya, dia beruntung memulai bisnis tepat setelah perang. Dirinya merasa itu waktu yang tepat, karena adanya pemulihan ekonomi, di mana masyarakat konsumen menginginkan lebih banyak produk yang  berkembang di Jepang.

Pada tahun 1992, Masatoshi Ito mengundurkan diri dari posisinya di Ito-Yokado atas dugaan pembayaran ilegal yang dilakukan oleh tiga eksekutif kepada gangster yakuza untuk menjaga ketertiban pada rapat pemegang saham.

Ito-Yokado berganti nama menjadi Seven & i Holdings pada tahun 2005. Huruf " i " pada namanya mengacu pada Ito-Yokado dan Ito, yang merupakan ketua kehormatan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper