Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar Jaringan Supermarket Terbesar Dunia, Ada 7-Eleven dan Carrefour

Berikut daftar jaringan supermarket terbesar yang ada di seluruh dunia.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 01 Februari 2023  |  19:26 WIB
Daftar Jaringan Supermarket Terbesar Dunia, Ada 7-Eleven dan Carrefour
Penembakandi supermarket Walmart di Virgina, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (22/11/2022). Tujuh orang tewas termasuk pelaku yang bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sejumlah bisnis ritel yang sukses menelurkan berbagai merek supermarket yang populer dan terbesar di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa perdagangan ritel menjadi sektor yang masih menjanjikan, sejalan dengan besarnya potensi peningkatan daya beli masyarakat.

Sebagian besar perusahaan ini memiliki ribuan toko ritel yang terhubung dengan baik di seluruh dunia dengan basis pelanggan yang sangat besar. 

Lantas, mana saja supermarket terbesar di dunia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. 7-Eleven, AS

7-Eleven adalah rantai ritel terbesar di dunia dengan lebih dari 46.000 outlet di 16 negara. Ritel ini memiliki kantor pusat di Amerika Serikat. Jepang sendiri memiliki jumlah outlet terbesar di 15.000. Amerika Serikat memiliki 7.800 toko sementara 6.800 gerai berada di Thailand. Gerai lainnya ada di Australia hingga Norwegia. 

7-Eleven adalah perusahaan global dengan lebih dari 45.000 karyawan.

Sayangnya, di Indonesia sendiri pada tahun 2017, 7-Eleven terpaksa gulung tikar di Indonesia akibat persaingan yang ketat dengan minimarket serupa. 

2. SPAR, Belanda

SPAR didirikan pada tahun 1932 di Amsterdam, Belanda. Jaringan ritel ini ini ada di lebih dari 13.500 lokasi di 35 negara. Adapun, franchise dari ritel ini sebagian besar berada di pasar Eropa, mulai dari Austria sampai Jerman. Gerai lainnya ada di Afrika Selatan, Zambia, India, Zimbabwe, Namibia, Montenegro, Jepang, Rumania, Australia, dan Mauritius.

3. Walmart, AS

Didirikan pada tahun 1962, Walmart yang dimiliki oleh keluarga Walton berkantor pusat di Bentonville, Arkansas, AS. Supermarket yang berada di peringkat ketiga dengan memiliki lebih dari 11.088 cabang operasional, outletnya tersebar di AS, Chili, Cina, Meksiko, Argentina, Kanada, Brasil, Nikaragua, Honduras, El Salvador, Kosta Rika, Guatemala.  

Lebih dari 2,3 juta karyawan bekerja di outlet. Walmart menghasilkan pendapatan lebih dari US$500 miliar atau setara dengan Rp7.482 triliun setiap tahun. Pada tahun 1972, rantai tersebut terdaftar di New York Stock Exchange. Walmart adalah perusahaan terbesar di dunia dari segi pendapatan

4. ALDI, Jerman

Aldi adalah salah satu toko ritel global asal Jerman yang terkemuka, di mana jaringannya telah tersebar di lebih dari 10.366 lokasi. Gerai utama lainnya ada di Belgia, Polandia, Portugal, Luksemburg, Hongaria, Inggris, Yunani, AS, Irlandia, dan Australia. Di Slovenia dan Austria, gerai menggunakan Hofer sebagai nama mereknya.

5. Carrefour, Prancis

Carrefour Sans adalah jaringan supermarket terbesar kelima dengan lebih dari 10.103 gerai termasuk 1.400 hypermarket di berbagai benua. Didirikan pada tahun 1958, kantor pusatnya berada di Boulogne Billancourt di Prancis. 

Jumlah karyawan lebih dari 364.969 dan pendapatan tahunan lebih dari 76 miliar euro atau setara dengan Rp1,237 triliun. Outletnya terbesar mulai dari Argentina hingga Pakistan. 

Melansir dari Bisnis, di Indonesia sendiri, perusahaan ritel Carrefour menawarkan penjualan saham kepada konglomerat Chairul Tanjung pendiri CT Crop. Keduanya akhirnya mencapai kesepakatan dan meneken MoU pembelian Carrefour Indonesia pada 12 Maret 2010 di Prancis, alhasil Carrefour pun berganti nama menjadi Transmart. 

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

walmart supermarket 7-eleven
Editor : Mia Chitra Dinisari
back to top To top