Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengusaha Wanita Merapat! Begini Cara Sukses Kelola Startup

#Kesempatan untuk menjadi pengusaha wanita di bidang teknologi makin terbuka luas
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Kesempatan bagi wanita untuk menjadi pendiri dalam bisnis teknologi semakin meningkat. 

Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi dan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dalam dunia bisnis. 

Menurut Founder Hello Alice Carolyn Rodz, tentu kondisi ini berbeda dengan sekarang, di mana enam tahun yang lalu wanita hanya mendapatkan hanya 2 persen dari modal ventura. 

“Bagi saya sendiri dan banyak pendiri teknologi wanita lainnya, kesenjangan pendanaan bersifat pribadi. Kami sering mendapatkan banyak penolakan, karena dianggap tidak tahu soal utang, ekuitas, hubah,” ungkapnya. 

Menurutnya memiliki strategi bisnis yang baik dan efektif sangat penting bagi pendiri teknologi wanita untuk mendapatkan dan mengakses pendanaan modal bisnis. 

Melansir dari Entrepreneur, berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu perempuan untuk bisa mendapatkan akses permodalan agar bisa mengembangkan startup. Simak ulasannya. 

1. Membangun jaringan yang kuat

Pendiri teknologi wanita harus membangun jaringan profesional dan personal yang luas dengan investor, mentor, dan profesional bisnis lainnya. Mereka juga harus menghadiri acara dan konferensi teknologi untuk memperluas jaringan mereka dan menemukan potensi investor.

2. Fokus pada keunggulan produk

Pendiri teknologi wanita harus memiliki produk atau layanan yang unik dan menguntungkan untuk menarik minat investor. Produk atau layanan yang dapat memecahkan masalah dunia nyata dan memberikan nilai tambah pada pelanggan akan lebih menarik bagi investor.

3. Menjalin kemitraan strategis

Kemitraan strategis dengan perusahaan besar atau institusi pendanaan dapat membantu pendiri teknologi wanita untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis mereka.

4. Menjadi bagian dari komunitas

Bergabung dengan komunitas startup dan teknologi atau bahkan komunitas pebisis wanita, bisa membantu pendiri teknologi wanita untuk memperluas jaringan dan menemukan mentor dan investor potensial.

5. Berpartisipasi dalam program akselerator

Program akselerator dapat membantu pendiri teknologi wanita untuk mengembangkan bisnis mereka, memperoleh keahlian baru, dan menemukan pendanaan.

6. Menyadari nilai tambah dalam diri wanita

Pendiri teknologi wanita harus percaya pada nilai yang mereka bawa ke meja dan mengartikulasikan nilai ini dengan jelas kepada investor. Mereka juga harus mempertahankan kemandirian dan integritas dalam bisnis mereka, yang dapat menarik investor yang ingin berinvestasi dalam bisnis yang terbukti beretika baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper