Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karakter yang Penting Dimiliki Saat Mencari SDM untuk Pebisnis

Pebisnis, berikut karakter penting yang harus dimiliki ketika Anda mencari SDM untuk usaha Anda
Ilustrasi sumber daya manusia
Ilustrasi sumber daya manusia

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam berbisnis, diperlukan yang namanya sumber daya manusia sebagai penggerak bisnis utama.

Meskipun Anda punya modal yang besar, namun tanpa SDM yang mumpuni bisnis Anda akan kolaps juga.

Nah, memilih SDM bukanlah hal yang bisa sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih SDM.

Setidaknya, ada karakter utama yang harus Anda jadikan standar saat memilih SDM yang baik.

Di antaranya, karakter Bold, Integrity dan Great (B.I.G). Setiap sumber daya manusia wajib memiliki sikap dan karakter tersebut untuk maju serta memberikan dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan.

Karakter serta sikap BOLD dalam perspektif sumber daya manusia cenderung mengacu pada konsep berani mengambil risiko dan menerapkan ide-ide inovatif dalam suatu organisasi. 

Yang termasuk dalam perspektif ini adalah pelibatan pembangunan budaya kepemimpinan, rasa berani dalam  bekerja, dan pemberdayaan karyawan untuk berbicara serta mengambil tindakan.

INTEGRITY (Integritas) mengacu pada sikap jujur, menjunjung etika, dapat dipercaya dalam mengambil tindakan dan berani mengambil keputusan. Integritas dianggap sebagai nilai inti yang memadukan perilaku dan budaya organisasi.

Sedangkan GREAT, mengandung makna peralihan dari baik hingga menjadi hebat, bagaimana menjadi manusia-manusia yang hebat dan mampu untuk memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dan bangsa. Hebat bukan saja dalam skill, namun juga memiliki pengetahuan yang luas serta adaptif terhadap teknologi mutakhir (digital friendly).

Penerapan teknologi digital adalah hal yang tidak dapat dihindari, saat ini beragam kegiatan dapat dilakukan melalui telepon genggam seperti bersosialisasi, melakukan transaksi perbankan, membeli dan menjual sesuatu bisa dilakukan hanya melalui ponsel.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM juga perlu difokuskan dalam memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai teknologi yang berwawasan lingkungan. Penguasaan teknologi menjadi kunci untuk memberikan nilai tambah terhadap proses-proses yang selama ini dilakukan di perusahaan atau instansi. Digitalisasi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) adalah suatu keharusan.

Pentingnya karakter ini juga akan dibahas dalam Indonesia Human Resource Summit (IHRS) 2023 19-20 Juni di Bali Nusa Dua Convention Center dengan mengusung tema ‘Redefining Human Capital: Inspiring People to Take Action’ (Mendefinisikan Kembali Sumber Daya Manusia: Menginspirasi Untuk Mengambil Tindakan).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper