Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepak Terjang Francoise Bettencourt Meyers, Bos Loreal Wanita Terkaya di Dunia 2023

Berikut profil pemilik perusahaan kosmetik Loreal usai akuisisi perusahaan Aesop senilai Rp37,3 triliun
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loreal/bloomberg
Francoise Bettencourt Meyers pemilik Loreal/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Françoise Bettencourt Meyers terkenal sebagai pemilik Loreal dan menjadi wanita nomor satu terkaya di dunia 2023 versi Forbes. 

Belakangan, dirinya resmi mengakuisisi merek kecantikan asal Australia Aesop senilai US$2,5 miliar atau setara dengan Rp37,3 triliun pada Selasa (4/4/2023). 

Aksi akuisisi itu telah menjadi kesepakatan terbesar yang pernah dilakukan oleh raksasa kecantikan asal Perancis. 

Sebelumnya, Loreal melakukan pembelian YSL Beauté senilai US$1,7 miliar pada 2008. Pada 2020, L'Oréal juga telah menyelesaikan akuisisi terhadap merek kosmetik asal Amerika Serikat, Thayers Natural Remedies. Namun, nilai kesepakatan tersebut tidak diungkapkan secara resmi. 

Meski jarang muncul di media, Françoise Bettencourt Meyers adalah sosok yang sangat terampil dan memiliki pengetahuan mendalam tentang industri kosmetik dan bisnis.

Awal Bedirinya L'Oréal

L'Oréal adalah sebuah perusahaan kosmetik global yang berkantor pusat di Clichy, Prancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1909 oleh Eugène Schueller, seorang ahli kimia Prancis, yang menciptakan formula pewarna rambut yang inovatif pada masanya.

Pada awalnya, perusahaan ini dikenal dengan nama Société Française de Teintures Inoffensives pour Cheveux (Perusahaan Pewarna Rambut Aman Prancis), dan pada tahun 1939 berganti nama menjadi L'Oréal. Perusahaan ini berkembang pesat dan mulai memproduksi berbagai produk kosmetik seperti skincare, makeup, dan parfum.

Pada tahun 1957, cucu Schueller, Liliane Bettencourt, menjadi pemegang saham terbesar di L'Oréal dan menduduki posisi sebagai Ketua Dewan Direksi. 

Pemilik Loreal Saat Ini

Setelah kematian sang Ibu pada tahun 2017, anak tunggalnya, Françoise Bettencourt Meyers pun mengambil alih kepemilikan dan posisi tersebut.

Perempuan yang berusia 69 tahun ini merupakan lulusan menempuh pendidikan di École Alsacienne di Paris, lalu dia melanjutkan studinya ke Universitas Nanterre, di mana dia memperoleh gelar dalam bidang Sastra Yunani Kuno. 

Dirinya telah bekerja di dewan Loreal sejak 1997. 

Melansir dari Forbes, usai menggantikan sang Ibu, berkat keterampilan bisnisnya membuat dia mampu masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia. Bahkan, mendapat gelar wanita terkaya di dunia selama tiga tahun berturut-turut. 

Kekayaan bersihnya saat ini mencapai US$80,5 miliar atau setara dengan Rp1.201 triliun, naik sebanyak US$5,7 miliar atau setara degan Rp85,09 triliun dari 2022.

Saham L'Oréal naik 12 persen selama setahun terakhir berkat permintaan yang kuat yang menghasilkan pendapatan dan rekor penjualan yang lebih baik dari perkiraan 2021.

Selain menjadi ahli waris, Françoise Bettencourt Meyers juga dikenal sebagai seorang penulis. Buku-bukunya meliputi biografi tentang Yahudi Prancis dan karya tentang wanita dalam Perjanjian Lama.

Tak hanya itu, Bettencourt Meyers aktif dalam mendukung banyak pembangunan proyek, salah satunya operator rumah sakit swasta Prancis Elsan. 

Dia juga memberikan kontribusi filantropi yang besar dan kuat. Bersama L'Oréal, Bettencourt Meyers menjanjikan US$230 juta untuk rekonstruksi Katedral Notre-Dame pada tahun 2019.

Tak hanya itu, wanita ini juga presiden yayasan keluarga, Fondation Bettencourt Schueller yang mendorong kemajuan Prancis dalam sains dan seni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper