Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Berjualan Online Agar Banyak Pembeli

Pedagang online perlu memastikan bahwa produk dijual kepada konsumen dapat berdampak dan meningkatkan kualitas hidupnya.
Tips berjualan online selama Ramadan
Tips berjualan online selama Ramadan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang sedang berjualan online, maka bisa membangun kedekatan emosional dari produk yang dijual ke konsumen.

Simak tips berjualan bagi Anda yang sedang memulai bisnis online:

1. Kenali pelanggan Anda serta tujuan mereka

Setiap orang sudah pasti memiliki kebutuhan. Untuk itu, membangun hubungan yang baik dengan klien akan membantu mereka dalam mengatasi persoalan. Pastikan bahwa produk dan layanan Anda harus meningkatkan kehidupan pelanggan Anda dengan cara yang mereka inginkan, bukan hanya dengan cara yang Anda inginkan sebagai penjual.

Anda juga perlu memastikan bahwa produk yang Anda jual kepada klien dapat meningkatkan kehidupan mereka sebelum Anda merekomendasikannya. Anda akan dikatakan belum siap menjual apabila Anda tidak dapat menemukan jawaban dari "Bagaimana ini benar-benar membantu pelanggan saya?" "Apa saja tujuan Anda dengan produk ini?"

Sebagai seorang penjual Anda harus bisa mengucapkan kata seperti "Anda bilang" atau "Saya dengar." Dengan begitu pembahasan Anda selanjutnya akan mulai mengarah pada rekomendasi produk penjualan. Pada akhirnya, klien Anda akan merasa bahwa Anda peduli dengan mereka dan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh mereka.

2. Bersikap transparan kepada klien

Saat membangun hubungan dengan klien, sejajarlah dengan mereka. Jika produk Anda memiliki potensi kekurangan, beritahukan kepada mereka. Jangan mencoba untuk menyembunyikannya. Jika klien Anda mengajukan pertanyaan yang tidak Anda ketahui jawabannya, jangan mencoba untuk menggertak. Hindari menjawab pertanyaan klien dengan hal-hal seperti "mungkin", "saya rasa", atau "tebakan saya". Ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu secara konkret.

Sebelumnya, Anda dapat memberi jawaban yang lebih tepat dengan mengatakan bahwa "Sejujurnya saya tidak tahu jawabannya, tetapi biarkan saya mencari tahu dan kembali kepada Anda" karena dengan begitu klien akan lebih menghargai keberanian Anda. Jadi, jangan coba untuk mengarang jawaban karena hal itu akan mempengaruhi reputasi Anda sebagai penjual dan akan sulit untuk membangunnya kembali.

3. Bertanya ke konsumen

Jangan ragu untuk bertanya kepada klien Anda tentang kekhawatiran mereka atau apa yang mungkin membuat mereka ragu untuk membeli produk yang Anda jual atau tawarkan. Tentunya Anda tidak dapat membahas apa yang tidak mereka katakan. Untuk itu, buatlah calon klien Anda untuk jujur dengan Anda terkait keresahannya. Setelah itu, Anda dapat menanggapinya, tetapi dalam menanggapi mereka, Anda harus mendengarkannya hingga selesai dan jangan menghindar dari informasi yang sekiranya tidak ingin Anda dengar.

4. Menepati komitmen

Dalam berjualan, Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kepercayaan dari klien. Tak jarang penjual akan berjanji untuk menghubungi kembali, mengirim prospektus atau brosur dan pada akhirnya akan lupa. Sebagai penjual, menindaklanjuti apa yang Anda katakan dapat membantu membangun kredibilitas Anda. Jika Anda tidak menepati janji Anda kepada calon klien, akan sulit bagi mereka untuk mempercayai apa yang Anda katakan adalah benar.

5. Tetap bersabar dan tetap berkomunikasi

Tidak semua orang membuat keputusan saat itu juga. Beberapa orang akan membutuhkan waktu setelah percakapan awal untuk memikirkan proposal Anda. untuk itu, sebagai penjual Anda harus tetap bersabar saat seseorang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk memutuskan apa yang tepat bagi mereka. Dalam hal ini, Anda tidak boleh menghilang begitu saja, tetaplah menjalin hubungan baik dengan klien. Hal itu dapat menjadi peluang bisnis di kemudian hari karena klien akan memberikan bisnis kepada orang yang paling sering kontak dengan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Entrepreneur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper