Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Tambak Udang Vaname Kian Menggiurkan

Bisnis tambak udang vaname asal Bengkalis telah menarik perhatian perbankan dan mendapatkan pendanaan.
Lokasi tambak udang vaname
Lokasi tambak udang vaname

Bisnis.com, BENGKALIS - Koperasi Generasi Mandiri Group di Desa Teluk Pambang, Kecamatan Bantan, Bengkalis Riau menjalankan budidaya tambak udang vaname, setelah menghadapi berbagai tantangan yang mengiringi perjalanan usaha koperasi itu.

Ketua Koperasi Generasi Mandiri Group, Dedi Arianto, mengungkapkan bahwa awalnya di 2015, pihaknya melihat potensi dari usaha tambak udang vaname di Bengkalis.

"Namun karena belum tahu caranya, akhirnya kami bertanya kemana bisa belajar soal tambak udang ini ke ahlinya. Lalu koperasi mengirim satu orang anggota ke Medan untuk belajar tentang teknis budidaya yang lebih maju," ungkapnya Sabtu (10/6/2023).

Dia menguraikan setelah mendapatkan pengetahuan mengelola tambak udang vaname dari ahlinya, koperasi memulai usaha ini dengan modal awal sebesar Rp60 juta dari iuran 32 anggota di 2017. 

Kemudian setelah berjalan, koperasi mulai meningkatkan proses produksi, yang awalnya dari kolam tanah awal menjadi kolam beton dan mulai memperoleh hasil panen yang menguntungkan.

Keberhasilan ini menarik perhatian PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) yang pada saat itu masih meragukan potensi bisnis tersebut, memberikan dukungan finansial dan kepercayaan kepada koperasi. Diawali dengan proses presentasi kepada bank, lalu akhirnya pihaknya mendapatkan kepercayaan berupa penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pada akhir 2018, setelah melewati proses pengajuan yang bertahap, Koperasi Generasi Mandiri Group mendapatkan KUR senilai Rp400 juta dari Bank BRI. Dana tersebut digunakan untuk memperluas operasi tambak dengan membangun kolam tambak udang vaname baru sehingga kini ada sekitar enam kolam yang beroperasi. 

"Saat ini hasil panen terus meningkat dibandingkan dulu, untuk satu kolam itu kami berhasil memutar modal dan mendapatkan penghasilan dari penjualan udang vaname hingga Rp600 juta," ungkapnya.

Dalam perjalanan pengembangan bisnisnya, termasuk adanya momen pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, koperasi ini juga mendapatkan dua kali keringanan pembayaran dari Bank BRI. Dengan keringanan itulah, koperasi masih mampu terus berjalan dan membayarkan kewajiban utang ke BRI. Tercatat sejauh ini koperasi telah membayar 70 persen dari jumlah pinjaman.

Keberhasilan mereka dalam memperoleh keuntungan dan menunjukkan hasil yang menarik, telah menarik minat lebih dari satu lusin agen yang ingin membeli produk udang vaname mereka secara langsung. Produk ini dikirimkan ke Tj. Balai Karimun Kepri, kemudian untuk diekspor ke Singapura dan Malaysia.

Dedi Arianto mengakui Koperasi Generasi Mandiri Group sangat bersyukur atas dukungan dari Bank BRI yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan usaha tambak udang vaname dengan sukses. Koperasi ini siap bekerjasama dengan mitra baru untuk memperluas pasar dan meningkatkan produksi dalam waktu yang akan datang.

"Dengan peningkatan produksi yang berkelanjutan dan minat yang semakin tinggi dari agen-agen lokal, Koperasi Generasi Mandiri Group berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam sektor perikanan dan perekonomian daerah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper