Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Kemitraan Jago Coffee, Kopi Keliling yang Sedang Populer di Jakarta

Begini skema bagi hasil yang ditawarkan Jago Coffee, brand kopi keliling yang tengah beken di Jakarta
Jago Coffee/Bisnis-Mia Chitra Dinisari
Jago Coffee/Bisnis-Mia Chitra Dinisari

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis kopi keliling atau kopi dijalan memiliki potensi yang menjanjikan. 

Konsep ini telah menjadi tren yang populer di kalangan masyarakat, lantaran memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas kepada pelanggan dengan menyajikan kopi langsung ke tempat-tempat yang sibuk atau padat, seperti perkantoran. 

Dalam bisnis kopi keliling, menjadi mitra dengan merek kopi yang sudah terkenal, tentu memudahkan seorang pebisnis untuk membangun loyalitas para pelanggan. 

Salah satunya, Jago Coffee yang berdiri sejak akhir 2019, brand ini menawarkan konsep mobile coffee chain pertama di Indonesia. 

Meski, pihaknya tidak menawarkan skema franchise, akan tetapi brand kopi asal Indonesia ini memberi kesempatan bisnis berupa kemitraan bagi hasil. 

Di mana, para mitra yang kerap disapa "Jagoan" akan dipinjamkan sarana berwirausaha berupa sepeda kargo listrik untuk menyajikan produk minuman kopi dan non-kopi. 

“Jagoan tidak harus memiliki pengalaman barista sebelumnya dan kini buka kafe bisa dimana saja,” tulisnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh sang Founder, Yoshua Tanu yang menyampaikan siapa saja bisa menjadi mitra 

“Kami training semua mitra itu untuk menjadi pengusaha. Personality calon mitra yang justru menjadi bahan pertimbangan utama. Sementara skill adalah nomor sekian, karena itu bisa diasah bersama,” ungkapnya dalam kanal Youtube Tworubber Media yang dikutip Bisnis, Senin (19/6/2023)

Melalui skema kemitraan bagi hasil, Jago Coffee membantu individu-individu yang ingin memulai usaha kafe mikro dengan menyediakan sarana berwirausaha yang efisien dan meminimalkan risiko investasi awal.

Syarat untuk Menjadi Mitra Jago

Saat ini Jago Coffee masih fokus pada platform yang memberdayakan barista yang juga menjadi pemilik bisnisnya. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi Jagoan, Anda perlu siap terjun langsung untuk mengoperasikan bisnisnya secara mandiri.

Berikut syarat untuk bergabung menjadi Jagoan:

1. Memiliki e-KTP 

2. Memiliki smartphone Android atau iPhone

3. Bisa mengendarai sepeda 

4. Bersedia mematuhi peraturan yang tertuang dalam Perjanjian Kemitraan

5. Bersedia mengikuti training

Prosedur Bergabung Menjadi Mitra Jago

1. Isi formulir singkat

Untuk memulai proses bergabung menjadi Jagoan, Anda perlu mengisi formulir singkat yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/jadijagoan. Formulir ini mungkin berisi informasi pribadi, kontak, dan pertanyaan terkait minat Anda dalam bergabung sebagai Jagoan.

2. Tim Ekspansi akan menghubungi Anda

Setelah mengisi formulir, tim ekspansi Jago Coffee akan menghubungi Anda dalam waktu 1-3 hari kerja. 

Mereka akan menghubungi Anda untuk memberikan informasi lebih lanjut, menjawab pertanyaan Anda, dan membahas langkah-langkah selanjutnya dalam proses bergabung sebagai Jagoan.

3. Ikuti serangkaian pelatihan

Setelah tahap awal komunikasi, Anda akan diarahkan untuk mengikuti serangkaian pelatihan yang disediakan oleh Jago Coffee. 

Pelatihan ini mungkin meliputi pengetahuan tentang kopi, teknik pembuatan minuman, keterampilan layanan pelanggan, dan hal-hal terkait lainnya yang relevan dengan bisnis kopi.

4. Jagoan siap untuk operasional

Setelah menyelesaikan serangkaian pelatihan, calon mitra sudah siap untuk menjalankan operasional sebagai Jagoan. Anda akan diberikan sarana berwirausaha berupa sepeda kargo listrik yang akan digunakan untuk menyajikan produk minuman kopi dan non-kopi kepada pelanggan

Pembagian Lokasi

Ada empat skenario yang dapat dijalani oleh Jagoan dalam menjalankan bisnis kopi keliling Jago Coffee. 

1. Mitra bersepeda dari pusat operasional menuju lokasi pilihan sendiri

Dalam skenario ini, Jagoan alias mitra memiliki kebebasan untuk memilih lokasi yang tetap atau berpindah-pindah

Mitra dapat memutuskan untuk membuka kafe mikro di lokasi yang mereka pilih sendiri, baik itu lokasi yang tetap atau lokasi yang berpindah sesuai dengan strategi bisnis mereka.

2. Mitra menempati lokasi yang direkomendasikan oleh Jago Coffee

Dalam beberapa kasus, Jago Coffee dapat merekomendasikan lokasi-lokasi yang strategis dan dinilai memiliki potensi pelanggan yang tinggi.

3. Menggunakan aplikasi yang dipilih konsumen

Mitra akan dibekali dengan aplikasi JAGO yang memungkinkan mereka menerima pesanan tambahan dari konsumen yang memilih lokasi tertentu. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, Jagoan dapat menerima pesanan dan menghadirkannya ke lokasi yang dipilih oleh konsumen.

4. Mitra mencari pesanan katering/event dan menempati lokasi tersebut

Mitra memiliki kebebasan untuk mencari peluang pesanan katering atau event. Mereka dapat menempati lokasi-lokasi tersebut untuk memberikan layanan kopi kepada pelanggan dalam konteks katering atau event tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper