Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serba Serbi Pameran Kerajinan Nusantara KriyaNusa 2023

Pameran KriyaNusa menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia.
Tas olahan dari pelepah pisang./Ilustrasi-Bisnis-Ropesta Sitorus
Tas olahan dari pelepah pisang./Ilustrasi-Bisnis-Ropesta Sitorus

Bisnis.com, JAKARTA – Dewan kerajinan Nasional RI, kembali menggelar Pameran Kerajinan Nusantara, KriyaNusa 2023 bertempat di Jakarta Convention Center. 

Kegiatan pameran yang bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan keragaman produk kerajinan Indonesia ini telah dibuka secara resmi oleh ibu Hj. Iriana Joko Widodo pada tanggal 13 September 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 17 September 2023.

Pameran KriyaNusa menjadi ikon pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. Pameran industri kreatif ini melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranas dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai sebuah pameran kolaborasi, KriyaNusa juga melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kementerian, BUMN dan individu-individu terkait. Produk kriya yang ditampilkan dalam pameran KriyaNusa semuanya berbahan dasar lokal yang original dan otentik dari Indonesia.

KriyaNusa 2023 yang mengusung tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” menjadi bukti bahwa Indonesia mampu melestarikan dan menghadirkan keunggulan lewat kerajinan di tengah era perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Dikutip website resmi Kemenparekraf (14/9/2023) Kualitas produk kriya yang ditampilkan selama pameran KriyaNusa tidak perlu diragukan. Karena sebelum diselenggarakan pameran, semua produk sudah melalui tahap kurasi yang diselenggarakan oleh tim Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah). 

Acara ini dibuka secara umum dan tanpa dipungut biaya. Maka tak heran, pameran terus ramai didatangi pengunjung dari berbagai kalangan. Penataan yang terarah memudahkan pengunjung untuk menikmati segala produk yang dijajakan. 

Pengunjung bisa mencoba hingga memiliki hasil karya tangan khas Indonesia, mulai dari batik, kain tenun, aksesoris, produk fashion hingga produk-produk mebel handmade dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pengunjung diberikan penjelasan mengenai produk sehingga menjadi wawasan baru bagi pengunjung.

KriyaNusa juga membuka stand kuliner khas yang diikuti beberapa daerah di Indonesia. Ini menjadi kesempatan bagi pengunjung mencicipi makanan khas suatu daerah tanpa harus bepergian jauh dan mengeluarkan banyak biaya. 

Untuk menghidupkan suasana agar  peserta dan pengunjung tidak bosan berada disekitar area pameran, panitia juga menghadirkan berbagai acara seperti challenge melukis. Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen, tersedia juga beberapa stand photo booth menarik dengan tema KriyaNusa. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper