Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Agar Cuan

Berikut ini merupakan syarat dan cara jualan di tiktok ini perlu kamu ketahui.
Cara Jualan di TikTok Shop/Bisnis-Muh Rizky Nurawan.
Cara Jualan di TikTok Shop/Bisnis-Muh Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok merupakan media sosial yang sedang naik daun karena sejumlah fitur miliknya. Di mana, pengguna bisa menikmati sejumlah konten video, foto, live streaming, bahkan berbelanja pada aplikasi tersebut hanya dengan scrolling layar handphone. Meskipun terbilang baru, jualan di Tiktok Shop nyatanya cukup menguntungkan bagi para penjual karena aplikasi ini memiliki target pasar luas yang bisa disesuaikan. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara jualan di TikTok. 

Karena memiliki sistem yang cukup berbeda dibanding platform lainnya, maka para seller TikTok Shop perlu memperhatikan beberapa hal untuk tingkatkan penjualan.

Berikut ini adalah beberapa cara jualan di TikTok untuk Pemula yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Cara jualan di TikTok shop untuk pemula 

  • Memahami cara kerja TikTok

Cara jualan di tiktok yang pertama dengan mengenal cara kerjanya. TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki fokus pada sharing konten video dan setiap video berdurasi 15 detik sampai 3 menit. Jadi, cukup banyak bisnis online yang memilih jualan di TikTok.

Caranya kamu bisa membuat video produk, lalu bisa gunakan latar musik yang sedang hype atau bisa menarik audiens. Nanti pengguna TikTok dapat memberikan komentar, like, sampai membagikan video tersebut ke platform sosial media lainnya.

  • Gunakan hashtag Ketika membuat video

Faktor lain agar video kamu muncul di for your page (fyp) adalah memakai hashtag di setiap video yang kamu buat. Bisa dibilang hashtag menjadi bagian dari informasi video sehingga jadi rujukan untuk diberikan rekomendasi video tersebut ke pengguna lain.

  • Buat konten yang menarik 

Pertama, cari dulu ide konten video sebagai strategi marketing TikTok, kamu bisa mencari ide dari content creator lainnya. Atau dapat mengikuti tren yang lagi berkembang di TikTok.

  • Konsisten posting konten

Untuk meningkatkan brand awareness salah satu tipsnya yaitu kamu mesti konsisten memposting konten. Coba deh kamu bayangin nih, misalnya konten kamu muncul di beranda pengguna maupun followers udah pasti mereka melihat video kamu.

Ada kemungkinan mereka juga menyukai bahkan komentar terhadap konten yang dibuat dan semakin banyak orang yang menyukainya, video kamu bisa tampil di halaman fyp. Sehingga cara jualan di tiktok ini cocok untuk menambah awareness pengguna TikTok lainnya.

  • Gunakan sistem jualan online

Biasanya jualan online seperti marketplace, website, maupun social commerce termasuk TikTok shop, pasti memiliki berbagai kendala. Misalnya, upload produk, sinkronisasi stok barang, sampai proses orderan yang hampir ratusan pesanan.

  • Menggunakan tiktok Ads

Strategi marketing TikTok yang nggak boleh dilewatkan oleh penjual online yaitu penggunaan iklan TikTok atau disebut TikTok ads. Tujuannya supaya kamu bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi. Cara jualan di tiktok ini sangat cocok untuk anda yang memiliki budget lebih. 

  • Memanfaatkan Tiktok Affiliate

Tips jualan ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan potensi penjualan dan di sisi lain bisa menambah penghasilan affiliate juga. Sebab, sebagai seorang TikTok affiliate tanpa stok barang, mereka bisa menawarkan produk menggunakan keranjang kuning.

Syarat dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Agar Cuan

Ilustrasi seller jualan di TikTok Shop (Sumber Freepik)

2. Syarat jualan di tiktok  

  • Unduh aplikasi tiktok

Syarat jualan di TikTok ini memang terdengar sepele, tapi terkadang masih banyak beberapa orang yang tidak mengetahui apakah aplikasi TikTok yang berada pada smartphonenya itu merupakan versi reguler atau non-lite.

  • Memiliki kartu identitas

syarat jualan di TikTok pada poin nomor dua bisa kamu buktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang dimiliki. Oleh karena itu, kalau kamu sudah punya usia legal dan ingin mulai berbisnis di TikTok Shop, segeralah untuk mengurus KTP di kantor wilayah terdekat.

  • Berusia minimal 18 tahun 

Syarat jualan di TikTok ini perlu dipenuhi karena akan bersangkutan dengan hal-hal kepatuhan hukum. Misalnya, jika nanti saat TikTok Shop berjalan terjadi satu atau lain hal yang berkaitan dengan hukum, kamu akan menjadi penanggung jawabnya.

  • Aktif mengunggah konten video selama 28 hari terakhir

Keaktifan dalam mengunggah konten juga jadi salah satu syarat jualan di TikTok. Jadi, kamu tidak bisa kalau sekadar punya akun tanpa mengelolanya dengan baik. Hal ini tentu perlu jadi pertimbangan lain ketika kamu ingin bergabung di TikTok Shop.

  • Memiliki akun dengan minimal 2.000 followers

TikTok juga memberlakukan jumlah followers atau pengikut bagi penggunanya yang ingin membuka TikTok Shop sebagai Seller, yaitu sebanyak 2.000 orang.  Syarat jualan di TikTok memang terdengar susah untuk dipenuhi, apalagi followers yang dimiliki haruslah followers aktif.

  • Memiliki video dengan minimal jumlah views 50 

Selain jumlah followers dan aktif dalam mengunggah konten video TikTok, syarat jualan di TikTok yang lain adalah punya konten video dengan jumlah tayang atau views lebih dari 50. Penilaian ini berlaku untuk menunjukkan kredibilitas dari akun TikTok yang kamu miliki, bahwa akun TikTok Shop benar-benar aman.

  • Produk tidak melanggar aturan tiktok shop

Syarat jualan di TikTok Shop yang harus kamu penuhi selanjutnya adalah tidak menjual produk yang dilarang oleh TikTok. Adapun contoh kategori barang yang dilarang untuk dijual oleh TikTok seperti obat terlarang, senjata tajam, produk palsu, imitasi, produk layanan dewasa, dan produk berbahaya lainnya.

3. Tips Jualan di TikTok Shop agar Laris Manis

  • Kisah di Balik Produk: Bagikan kisah inspiratif atau menarik tentang bagaimana produk Anda diciptakan. Cerita ini dapat menghubungkan pelanggan secara emosional dan meningkatkan minat mereka.
  • Konten Interaktif: Buat konten yang melibatkan audiens Anda. Misalnya, ajak mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan nama produk baru atau mengirim video penggunaan produk mereka.
  • Mini Kuis atau Game: Rancang kuis atau permainan kecil yang berhubungan dengan produk Anda. Berikan hadiah menarik untuk pemenangnya. Ini bisa meningkatkan interaksi dan minat pembeli.
  • Demonstrasi Produk yang Unik: Tampilkan cara penggunaan produk Anda dengan cara yang unik dan kreatif. Jangan hanya sekadar menjelaskan, buatlah demonstrasi yang memikat.
  • Tantangan Produk: Ajak pengguna untuk mencoba tantangan yang melibatkan produk Anda. Misalnya, tantangan "Menghias dengan Produk Kami." Ini dapat memicu tren di TikTok.
  • Kolaborasi dengan Seniman Lokal: Cari seniman lokal yang dapat membuat konten yang kreatif dan estetis dengan produk Anda sebagai bagian dari karya seni mereka.
  • Sesi Tanya Jawab Langsung: Selenggarakan sesi tanya jawab langsung di mana Anda menjawab pertanyaan pengguna tentang produk Anda secara langsung.
  • Promosi Khusus untuk Pengikut: Berikan penawaran eksklusif atau diskon khusus kepada pengikut setia Anda di TikTok.
  • Video Pendek Komedian: Buat video pendek yang menghibur dan menggelitik tawa dengan produk Anda sebagai elemen kunci dalam kelucuan tersebut.
  • Keaslian dan Kreativitas: Selalu tekankan pada keaslian dan kreativitas. TikTok adalah platform yang penuh dengan konten kreatif, jadi pastikan Anda tampil berbeda dan menarik.

Itulah beberapa cara jualan di tiktok yang bisa menambah penghasilan kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper