Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Tokoh Panutan Inspirasi Finansial Gen Z, dari Bill Gates hingga Kylie Jenner

Gen Z jadikan Bill Gates hingga Taylor Swift sebagai panutan dalam kisah sukses finansialnya
Bill Gates/Istimewa
Bill Gates/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Anak muda masa kini, atau yang sering dikenal dengan Generasi Z atau Gen Z punya preferensi sendiri bicara soal panutan mereka dalam kesuksesan finansial. 

Mengutip Insider, pada Gen Z cenderung memilih sosok lawas terkait dengan siapa yang paling mereka anggap sebagai memiliki kisah sukses finansial terbaik. Alih-alih orang terkaya nomor 1 dunia, mereka memilih kisah pendiri Microsoft berusia 68 tahun, Bill Gates.

Berdasarkan sebuah riset terbaru Morning Brew and Generation Lab yang dilakukan pada 1.000 anak muda di Amerika, Gen Z berkiblat pada industri teknologi dan hiburan untuk mendapatkan inspirasi finansial. 

Mungkin tidak mengherankan jika tiga dari empat orang terkaya di dunia menempati posisi teratas sebagai contoh terbaik kesuksesan finansial. Tapi, Elon Musk, orang terkaya di dunia, kali ini tidak memimpin.  

Sebaliknya, CEO Tesla berada di posisi ketiga. Sudah satu tahun sejak Musk membeli Twitter dan mengubahnya menjadi aplikasi X yang kita kenal sekarang. Sejak itu, bekas Twitter itu justru telah kehilangan nilai pasar hampir US$70 juta per hari.

Gates yang menduduki puncak daftar ini, memiliki kekayaan sekitar US$126 miliar, menurut perhitungan Bloomberg, menjadikannya orang terkaya keempat di dunia.

Gen Z mengatakan orang-orang ini adalah perwujudan kesuksesan finansial: 

1. Bill Gates - 50%

2. Jeff Bezos - 40%

3. Elon Musk - 35%

4. Taylor Swift - 26%

5. Warren Buffett - 24%

6. Mark Zuckerberg - 22%

7. Oprah Winfrey - 16%

8. Beyonce - 14%

9. Lebron James - 11%

10. Ryan Reynolds - 11%

11. Rihanna - 10%

12. Donald Trump - 9%

13. Kim Kardashian - 9%

14. Michael Bloomberg - 6%

15. Jay-Z - 5%

16. Martha Stewart - 5%

17. Kylie Jenner - 4%

18. George Soros - 2%

19. Jim Cramer - 1%

20.  Howard Schultz - 1%

Di tahun-tahun terakhir karirnya, Gates lebih dikenal karena upaya filantropis dan kekeluargaannya. Namun dia pernah bersaing dengan rekan-rekannya hingga tak cukup tidur dan saat itu, Gates memandang orang yang tidur adalah orang yang malas.

Jeff Bezos, sosok di balik Amazon, juga melampaui Gates dalam hal kekayaan. Namun, dia menduduki peringkat ke-2 dalam daftar pilihan inspirasi bagi Gen Z. Dalam beberapa tahun terakhir, Bezos membeli properti untuk menambah portofolio real estatnya yang sangat besar dan Bezos baru-baru ini mengumumkan dia pindah ke Miami.

Sementara itu, Taylor Swift secara resmi memasuki era miliardernya setelah Eras Tour yang berhasil memecahkan rekor, jadi tidak mengherankan jika dia berhasil lolos. Swift bahkan mengalahkan multi-miliuner dan raksasa industri Mark Zuckerberg dan Warren Buffett untuk menempati posisi keempat.

Swift pun bukan satu-satunya musisi yang menginspirasi generasi muda dengan kekayaannya. Beyoncé, Rihanna, dan Jay-Z juga masuk dalam tiga ikon keuangan teratas.

Faktanya, daftar tersebut sebagian besar terdiri dari tokoh masyarakat yang terkenal sebelum menjadi wirausaha, termasuk bintang NBA Lebron James, aktor Ryan Reynolds, dan ikon media Oprah Winfrey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper