Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 15 Ide Bisnis Modal Minim untuk Para Introvert

15 Ide bisnis untuk para introvert yang tidak memerlukan modal besar dan dapat dilakukan dari rumah
Desain Grafis
Desain Grafis

6. Bisnis Desain Grafis

Jika Anda adalah orang yang canggung secara sosial, kreatif, dan menyukai desain, memulai bisnis desain grafis adalah cara yang bagus untuk menggunakan keahlian Anda.  Jika Anda memilih untuk memiliki studio desain grafis, Anda akan mendesain tambahan seperti spanduk iklan, logo perusahaan, dan ilustrasi.  Pengusaha yang sangat terampil dalam bisnis ini dapat melihat margin keuntungan yang berkisar antara 15%-50%.  Selain itu, Anda dapat menghitung usaha kecil dan perusahaan besar sebagai klien Anda.

7. Pelatihan Bisnis

Jika Anda memiliki pengalaman menjalankan bisnis dan senang membantu orang lain, menjadi pelatih bisnis adalah pilihan yang bagus untuk Anda.  Dan Anda dapat membantu mereka dalam segala hal mulai dari startup, strategi pemasaran, hingga manajemen waktu.  Anda dapat menjalankan bisnis baru Anda dari rumah dan bertemu klien secara langsung atau berbicara dengan mereka melalui telepon.  Selain itu, jika Anda menginginkan tempat pertemuan yang lebih profesional, ada juga program sewa kantor fleksibel yang dapat Anda gunakan untuk menghemat uang dibandingkan sewa kantor tradisional.

8. Bisnis Blogging

Banyak pengusaha sukses yang introvert telah mendirikan bisnis blogging mereka sendiri yang menguntungkan. Namun, introvert yang berencana memiliki blog sendiri harus mengetahui topiknya secara menyeluruh dan bersiap untuk menyampaikan ide dan pendapatnya kepada orang lain dengan sukses.

9. Fotografer Hewan Peliharaan

Jika Anda menyukai binatang dan memiliki minat yang baik terhadap fotografi, memulai bisnis fotografi hewan peliharaan adalah cara sempurna untuk menggabungkan kedua minat Anda.  

Lokasi untuk memotret model hewan peliharaan bisa dilakukan di mana saja. Namun perlu diingat bahwa Anda memerlukan peralatan fotografi yang bagus untuk bisnis fotografi khusus ini, yang biayanya bisa mahal.

10. Guru Les Daring

Jika Anda seorang guru yang hebat, memiliki naluri bisnis yang baik, dan ingin berbagi pengetahuan dengan orang lain, menjadi tutor atau guru les online mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.  

Selain itu, jika Anda perlu mencari klien, Anda dapat memulai dengan memberikan bimbingan kepada siswa di daerah Anda sebelum memperluas jangkauan Anda secara online.  Anda dapat mengajari siswa apa pun mulai dari matematika, bahasa, hingga persiapan ujian. 

Anda juga dapat menetapkan tarif dan jam kerja Anda sendiri, menjadikannya ide bisnis fleksibel yang bagus untuk para introvert.

11. Bisnis Ghostwriter

Jika Anda seorang penulis berbakat dan senang bekerja di belakang layar, maka ghostwriting adalah bisnis yang tepat untuk Anda. Anda dapat bekerja dengan klien untuk menulis segalanya mulai dari artikel dan postingan blog hingga eBook dan bahkan pidato. 

Salah satu bagian terbaik dari ghostwriting adalah biaya awal umumnya yang minim, hanya perlu perangkat seperti laptop, komputer dan printer yang bisa menelan hingga belasan juta. Hal hebat lainnya dari pekerjaan ini adalah Anda bisa bekerja dari rumah, dan menghasilkan sebagian besar pendapatan Anda sebagai keuntungan murni karena tidak ada biaya produksi dan semacamnya.

12. Bisnis Transkrip

Jika Anda seorang introvert dengan kemampuan mendengarkan yang luar biasa dan dapat mengetik apa yang Anda dengar dengan cepat dan akurat, mengapa tidak memulai bisnis transkripsi? Anda akan menyalin file audio ke dalam dokumen tertulis sebagai bagian dari layanan transkrip Anda.  

Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada perusahaan di berbagai industri, mulai dari hukum, kedokteran, hingga asuransi. Biaya awal biasanya berkisar belasan juta untuk perangka komputer dan printer. Adapun, potensi pertumbuhan akan bergantung pada rencana bisnis, sasaran, dan keterampilan pemasaran Anda.

13. Bisnis Jualan Online

Jika Anda seorang introvert yang lebih suka berdiam diri di rumah, Anda tetap bisa memiliki bisnis yang menggiurkan dengan berjualan produk secara online. Anda dapat menjual barang-barang yang Anda buat sendiri, seperti karya seni dan kerajinan, atau menjual kembali produk yang Anda beli secara grosir.  

Di Indonesia saat ini sudah banyak situs dan e-commerce yang bisa digunakan untuk memudahkan penjualan online. Anda juga dapat membuat situs web sendiri dan memasang produk Anda di sana 

14.  Pengembang Aplikasi

Aplikasi seluler semakin populer seiring dengan kebutuhan untuk membuat aplikasi dengan fitur baru dan unik.  Pengembang aplikasi freelance bisa bekerja dari rumah atau kantor, tempat mereka mengembangkan aplikasi yang membantu kehidupan sehari-hari orang atau memecahkan masalah tertentu yang mereka hadapi.  

15. Bisnis Entri Data

Entri data adalah ide bisnis bagus lainnya untuk introvert, dan Anda mulai melakukannya sebagai bisnis utama dengan modal awal yang sangat sedikit. Jenis pekerjaan ini dapat dilakukan dari jarak jauh, dan Anda tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain. 

Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan internet yang andal, lalu Anda dapat mulai menawarkan layanan Anda kepada bisnis dan individu yang membutuhkan bantuan untuk mengatur data mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper