Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Perancang Busana Terkaya di Dunia, Dari Miliarder AS Ralph Lauren hingga Miuccia Prada

8 sosok perancang busana paling kaya di dunia siapa terkaya saat ini?
Giorgio Armani/Culturedcollector.com
Giorgio Armani/Culturedcollector.com

Bisnis.com, JAKARTA — Orang-orang terkaya di dunia tak melulu dari bidang teknologi. Nama-nama besar di bidang fesyen juga banyak yang kaya raya. 

Banyak perancang busana telah mencapai status miliarder selama karir mereka. Nama-nama seperti Armani, Prada, Dolce & Gabbana, dan Valentino membuat dunia jadi makin modis.

Lantas siapa saja perancang busana dengan kekayaan bersih terbesar menurut Forbes?

8.Valentino Garavani, 91

Perkiraan kekayaan bersih: US$1,5 miliar

Pendiri salah satu merek fesyen ternama di dunia, desainer Italia Valentino Garavani telah menciptakan segalanya mulai dari pakaian dan tas, hingga sepatu, parfum, dan aksesori. Setelah lebih dari empat dekade menjadi pemimpin industri, merancang gaun pengantin untuk orang-orang seperti Jackie Kennedy, Elizabeth Taylor dan Jennifer Lopez, Valentino mengumumkan pengunduran dirinya pada awal 2008 setelah pertunjukan haute couture terakhirnya di Paris.

Saat ini, desainer dan mantan kekasih serta rekannya Giancarlo Giammetti memiliki portofolio properti rumah dan flat yang luas di seluruh dunia, menurut Vanity Fair, termasuk di Holland Park London dan Château de Wideville di luar Paris. Celebrity Net Worth menempatkan kekayaan bersihnya sebesar US$1,5 miliar.

7.Tom Ford, 62

Perkiraan kekayaan bersih: US$2,2 miliar

Perancang busana Tom Ford mendirikan mereknya Tom Ford International pada 2005, namun pertama kali dia terkenal sebagai direktur kreatif Gucci antara 1994 dan 2005, di mana dia membantu meningkatkan pendapatannya dua belas kali lipat menjadi US$3 miliar, menurut Forbes.

Pada November 2022, Ford menjual sahamnya di Tom Ford International, bersama dengan bisnis wewangian dan kosmetiknya, kepada Estée Lauder dengan nilai yang mengesankan sebesar USS$2,8 miliar, membawa kekayaan bersih pribadinya ke tingkat yang baru.

5 dan 6. Domenico Dolce, 65 dan Stefano Gabbana, 61

Perkiraan kekayaan bersih individu: US$2,6 miliar

Setelah jatuh cinta di klub malam Milan, Stefano Gabbana dan Domenico Dolce mendirikan label Dolce & Gabbana mereka pada 1985. Sejak itu, gaya mewah dan desain motif binatang dari label tersebut telah diakui secara global, dan perusahaan tersebut kini dilaporkan bernilai sekitar US$5,3 miliar.

Meskipun hubungan pribadi mereka berakhir pada 2003, mantan pasangan ini masih berbagi kepemilikan perusahaan, dan merancangnya bersama.

3 dan 4. Miuccia Prada, 74 dan Patrizio Bertelli, 77

Perkiraan kekayaan bersih individu: US$4,2 miliar

Pengusaha miliarder Italia Patrizio Bertelli adalah ketua dan mantan CEO kerajaan mode Prada bersama istrinya Miuccia Prada, yang mewarisi bisnis tersebut dari kakeknya pada 1977.

Prada, yang pernah menjadi desainer utama perusahaan, juga mendirikan dan mengawasi merek Miu Miu, yang merupakan anak perusahaan Prada. Pasangan fashion power ini membawa perusahaan mereka ke publik di Hong Kong pada tahun 2011.

2. Ralph Lauren, 84

Perkiraan kekayaan bersih: US$8,1 miliar

Dia mungkin telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO pada 2015, namun Ralph Lauren masih menghasilkan banyak uang sebagai ketua eksekutif dan chief creative officer di Ralph Lauren Corp, yang mencakup merek fesyen seperti Polo dan, sebelumnya, Club Monaco di bawah payungnya. Dia juga pemegang saham terbesar perusahaan, mengendalikan 85 persen hak suara, menurut Bloomberg.

1.Giorgio Armani, 89

Perkiraan kekayaan bersih: US$13,4 miliarb

Setelah menjadi salah satu pendiri pengecer fesyen Giorgio Armani SpA pada 1975, Armani telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia saat ini, dengan peringkat 135 yang mengesankan pada saat artikel ini ditulis, menurut Forbes.

Jaringan distribusi in-house pengecer fesyen yang berbasis di Milan ini memiliki lebih dari 2.980 titik penjualan di 46 negara, menurut Bloomberg, dengan merek termasuk Armani Exchange, Armani Jeans, dan Emporio Armani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper