Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

Bagi Anda yang ingi mendapatkan uang tanpa bekerja di perusahaan, maka simak cara mendapatkan uang dari internet.
Cara mendapatkan uang dari internet/freepik
Cara mendapatkan uang dari internet/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang tidak ingin bekerja di kantor maka bisa mencoba beberapa cara mendapatkan uang melalui internet dan gadget.

Pada era digitalisasi, uang bisa diperoleh dengan mudah tanpa harus bekerja di perusahaan. Paling penting adalah tersambung ke internet dan memunculkan ide-ide baru, lalu tuangkan dalam konten.

Simak cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah:

1. Menawarkan Jasa Penulisan Artikel

Blogger dan webmaster menghasilkan konten baru dan unik untuk blog dan situs web mereka. Untuk menjadi seorang penulis artikel, Anda hanya memerlukan keterampilan menulis yang baik, dan Anda harus bisa menjelajahi internet untuk mencari informasi yang tepat.

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online tanpa membayar apa pun

2. Menjadi asisten virtual

Individu, kelompok, dan bisnis sering kali memerlukan dukungan administratif. Asisten virtual membantu bisnis melakukan tugas sehari-hari seperti pengelolaan email, pembukuan, dan media sosial dari lokasi jarak jauh.

Gaji rata-rata pada tahun 2023 untuk asisten virtual di Amerika Serikat adalah sekitar US$24 per jam, menurut situs kerja Indeed.com.

3. Transkripsikan audio dan video

Ahli transkrip mengubah rekaman audio dan video menjadi dokumentasi tertulis. Biasanya ada tes mengetik dan kecepatan mengetik yang disarankan menggunakan laptop. Ingatlah juga bahwa beberapa pelatihan mungkin diperlukan untuk jenis tugas tertentu, seperti transkripsi hukum atau medis.

Bila Anda aktif berbahasa Inggris, maka gaji rata-rata untuk seorang ahli transkripsi adalah sekitar US$20 per jam, menurut Indeed.com.

4. Jual barang secara online

Langkah pertama adalah memutuskan apa yang akan dijual — apakah Anda memiliki pakaian perempuan, barang elektronik, atau furnitur yang sudah tidak digunakan lagi? Berikutnya adalah menentukan aplikasi yang akan digunakan untuk berjualan.

5. Mulai sebuah blog

Setelah Anda mulai menulis konten berkualitas, Anda dapat menggunakan periklanan, pemasaran afiliasi, kursus, e-book, dan lainnya untuk mendapatkan keuntungan dari blog Anda. Kemungkinan besar Anda harus membangun audiens secara signifikan sebelum Anda dapat menghasilkan uang dari blog.

6. Buat podcast

Memulai podcast bisa adalah cara yang menyenangkan untuk menghasilkan uang. Survei pada bulan Januari 2023 oleh Edison Research menemukan 42% orang Amerika berusia 12 tahun ke atas telah mendengarkan podcast dalam sebulan terakhir, naik dari 38% pada tahun 2022. Saat Anda memulai program dan membangun audiens, pelajari cara menghasilkan uang dari podcast. siniar.

7. Permainan di Twitch

Gamer dapat menghasilkan uang dengan bermain video game di Twitch, platform streaming langsung terkemuka di dunia, namun kesuksesan dan pendapatan bervariasi. Lihat artikel ini untuk mempelajari cara menghasilkan uang di Twitch.

8. Jual fotografi

Ubah hobi atau bakat fotografi Anda menjadi penghasilan dengan menjual gambar Anda ke situs stok fotografi dan pasar freelance seperti Shutterstock, Adobe Stock, Upwork, dan Fiverr. Anda juga dapat menggunakan portofolio Anda untuk mendapatkan klien tanpa menggunakan situs web pihak ketiga.

Jika Anda tidak memiliki akses ke kamera, pertimbangkan untuk menggunakan ponsel Anda dan berinvestasi dalam perangkat lunak pengeditan seperti Adobe Photoshop.

9. Memelihara hewan peliharaan

Memelihara hewan peliharaan dapat menjadi pekerjaan sampingan yang baik bagi mahasiswa atau siapa pun yang mencari jam kerja dan tarif fleksibel. Untuk memulai, daftarlah ke layanan penitipan hewan peliharaan, seperti Rover atau Fetch! Perawatan hewan peliharaan. Atau, Anda dapat mulai mengamati hewan peliharaan di lingkungan Anda dan mengembangkan bisnis melalui referensi. 

10. Lakukan pekerjaan lepas

Jika Anda memiliki keahlian atau minat, seperti menulis, desain grafis, atau coding, Anda bisa melakukan pekerja lepas. Anda mungkin juga belajar menggunakan alat kecerdasan buatan generatif, yang dapat membantu Anda menghasilkan uang dengan membuat atau mengedit konten AI, atau mengajari orang lain cara menggunakan alat AI.

Freelancer dapat menggunakan Fiverr dan Upwork, pasar online untuk layanan freelance, untuk mengiklankan atau membuat situs web pribadi dan memasarkan layanan menggunakan media sosial, email, dan promosi dari mulut ke mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper