Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Profesi yang Sudah Punah, Termakan Zaman dan Teknologi

Daftar profesi yang sudah punah bersama dengan perkembangan zaman dan teknologi
Ilustrasi pintu Tol Cibubur/Istimewa
Ilustrasi pintu Tol Cibubur/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Manusia terus menerus membuat inovasi-inovasi baru, terutama mengandalkan teknologi, sehingga cara hidup sehari-hari terus berubah. Termasuk di dunia pekerjaan. 

Dengan adanya perubahan atau kemajuan bisa membuat pekerjaan yang ada di masa lalu jadi tidak diperlukan lagi dan menghilang. 

Berikut ini sejumlah profesi yang hilang karena perkembangan zaman atau telah digantikan fungsinya oleh kemajuan teknologi:

1. Knocker Upper atau Membangunkan Orang Tidur

Knocker upper ada profesi yang bertanggung jawab untuk membangunkan orang dengan mengeluarkan suara keras sebelum ada jam alarm elektronik.Orang-orang di tahun 1800-an mempekerjakan orang-orang ini untuk menembakkan kacang atau batu ke jendela mereka atau mengetuk kaca menggunakan tiang panjang untuk membangunkan mereka.

2. Komputer Manusia

Komputer manusia zaman dulu bertanggung jawab untuk membuat perhitungan untuk organisasi ilmiah, penelitian dan teknologi. Komputer manusia digunakan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) yang menggunakan matematika untuk menentukan jumlah roket yang dibutuhkan untuk membuat sebuah pesawat mengudara. Mereka melakukan perhitungan ini di kertas secara langsung serta membuat grafik-grafik sendiri, dan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu

3. Pengasah Gunting

Pengasah gunting merupakan profesi pengasah pisau, gunting, dan perkakas lainnya dengan menggunakan roda abrasif. Orang-orang ini pergi dari rumah ke rumah untuk menjajakan layanan mereka. Pekerjaan tersebut menghilang pada 1970-an, karena kebanyakan orang merasa lebih murah dan mudah untuk membeli alat-alat baru daripada mempertajam alat-alat lama mereka. Saat ini banyak toko khusus dan penjual pisau yang juga telah menawarkan layanan mengasah pisau, tetapi ini tidak lagi dianggap sebagai profesi tertentu.

4. Pemotong Es

Sebelum adanya sistem pembekuan dan pendinginan yang dapat diandalkan, pemotong es di kutub mengumpulkan es permukaan dari sungai dan danau untuk dijual. Untuk memotong es, mereka sering menggunakan gergaji tangan atau alat yang ditarik kuda.

5. Penyusun Pin

Sebelum arena bowling memiliki mesin pengatur pin dan pengambilan pin otomatis seperti sekarang, profesi pinsetter sanga dibutuhkan. Mereka bekerja melepas dan mengganti pin di antara setiap putaran. Orang-orang ini menunggu di ujung jalur bowling dan mengatur ulang pin secara manual.

6. Pembawa Air

Di India, pada tahun 1600-an, profesi pengangkut air begitu dibutuhkan, mereka mengumpulkan air minum dan membawanya kembali ke desa, menyediakan air bersih bagi individu dan keluarga. Namun, seiring dengan berkembangnya sistem perpipaan dan pompa mulai banyak digunakan, pekerjaan tersebut menjadi ketinggalan zaman dan hilang.

7. Tukang Lentera

Sebelum adanya lampu listrik di jalan raya ada profesi sebagai penyulut lampu yang bertugas berkeliling kota untuk mematikan dan menyalakan lampu jalan berbahan bakar gas atau minyak. Ketika kota-kota mengganti lampu gas dengan bola lampu listrik, pekerjaan sebagai penyulut lampu ini hilang. 

8. Penjaga Jam

Pada Abad Pertengahan, orang menyewa penjaga jam untuk melacak waktu dan memelihara jam serta perangkat penunjuk waktu. Penjaga jam sering kali menerima sejumlah besar uang untuk memastikan keakuratan jam, karena pekerjaan tersebut melibatkan beberapa keterampilan dasar dalam matematika sebelum adanya mesin jam digital.

9. Tukang Susu

Sebelum ada teknologi pasteurisasi susu dan ada lemari es di rumah tangga, tukang susu harus mengirimkan susu segar setiap hari ke rumah pelanggan untuk mencegah susu tersebut basi dan terbuang. Dengan meningkatnya penggunaan pendingin rumah, pekerjaan tersebut menghilang.

10. Mekanik Mesin Tik

Mekanik mesin ketik adalah seorang tukang reparasi yang mendiagnosis dan memperbaiki mesin ketik mekanis, mesin penyusunan huruf yang sebelumnya digunakan untuk mencetak teks tertulis dengan menekan serangkaian tombol. Ketika orang-orang beralih ke komputer dan printer digital, mesin tik dan profesi terkait mulai menghilang.

11. Penjaga pintu tol

Profesi penjaga pintu tol saat ini sudah tidak ada digantikan dengan mesin pembayaran otomatis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper