Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Pendiri Friendster, Media Sosial Lawas yang Dikabarkan Come Back!

Dikabarkan bakal come back mewarnai media sosial di dunia, ini profil dari pendiri Friendster
Profil Jonathan Abram Pendiri Friendster, Media Sosial Lawas yang Dikabarkan Come Back!/bloomberg
Profil Jonathan Abram Pendiri Friendster, Media Sosial Lawas yang Dikabarkan Come Back!/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Platform media sosial yang populer di awal 200-an Friendster dikabarkan akan kembali hadir untuk diakses masyarakat. Hal ini terlihat dari laman resminya yang sudah dapat diakses kembali. 

Diketahui, Friendster ini pertama kali diperkenalkan di publik pada Maret 2003 oleh programmer kelahiran Kanada, Jonathan Abram.

Mengutip dari laman LinkedIn-nya, saat ini pria ini bekerja sebagai seorang insinyur, wirausahawan, dan investor, yang menghabiskan kariernya sebagai penasihat dan mentor bagi wirausahawan lain, serta membangun teknologi untuk menghubungkan orang-orang.

Diketahui, Jonathan memulai karirnya pada 1996 sebagai senior software engineer di Netscape. 

Kemudian, diapun berpindah pekeriaan menjadi senior director of engineering pada 2001 di Bitfone, perusahaan infrastruktur perangkat lunak internet. 

Tidak sampai setahun menjabat, Jonathan membuat Friendster, media sosial yang membuatnya melejit.

Namun, Jonathan bekerja di Friendster hanya sekitar 4 tahun hingga 2005, karena pada tahun tersebut ia kembali membuat perusahaan baru Socializr, sebuah website yang membantu orang dalam membuat pesta dan membagikan informasi tentang pesta. 

Namun, Abraham juga hanya menghabiskan sejumlah waktunya di sana, karena ia kembali berpindah tugas sebagai penasihat di lembaga pendidikan nonprofit CodeNow pada 2012-2017.

Lalu, Jonathan sempat menjadi angel investor di lebih dari 50 startup Amerika, seperti AngelList, ClearTax, CoinList, Docker, Front, HelloSign, Instacart, Mixmax, Pachyderm, Republic, SafeGraph, Sense, Shortcut, Slideshare, Stream, and Zeplin.

Lalu pada 2011, Jonathan menjadi co-founder dari Founders Den, perusahaan workspace dan komunitas startup di San Fransisco.

Kemudian di tahun 2012, ia juga mendirikan Nuzzel Inc, perusahaan layanan pencarian berita yang digunakan sejumlah media ternama di Amerika Serikat.

Lalu, Jonathan sempat menjadi anggota dewan di Girls in Tech, dan pernah menjadi mentor di kelas kewirausahaan Steve Blank di Stanford dan Berkeley, mentor peringkat teratas di Techstars dan The Founder Institute, penasihat AngelList dan CodeNow.

Selain itu, Jonathan juga merupakan anggota dewan penasihat dari Silicon Valley Association of Startup Entrepreneurs, salah satu ketua SDForum Venture Finance SIG, dan juri kontes rencana bisnis Stanford Entrepreneur's Challenge, UC Berkeley Business Plan Competition, dan Stanford-Berkeley Innovators' Challenge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper