Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kekayaan Cho Jung Ho Naik 82% Jadi Orang Terkaya Ke-4 di Korea Selatan

Cho Jung Ho, orang terkaya keempat di Korea Selatan mencatat pertumbuhan kekayaan 82% sepanjang 2024.
Cho Jung Ho
Cho Jung Ho

Bisnis.com, JAKARTA -- Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di Korea Selatan. Tak hanya diisi oleh para petinggi Samsung, tapi juga pemilik perusahaan keuangan Meritz Financial Group yang menjadi peraih keuntungan terbesar tahun ini. 

Melansir Forbes, adalah Cho Jung-Ho, pimpinan Meritz Financial Group, yang menjadi peraih keuntungan terbesar dalam persentase. Kekayaan bersihnya naik 82% menjadi US$6,2 miliar. 

Dengan meningkatnya jumlah kekayaan Jung Ho, posisinya melonjak lima peringkat ke peringkat 4 orang terkaya di Korea Selatan. 

Lonjakan kekayaannya bersumber dari saham konglomerat keuangan tersebut yang mendapat dorongan setelah merger dengan unit asuransi dan sekuritasnya dan dicatatkan kembali.

Dilansir dari berbagai sumber, pria kelahiran 5 Oktober 1958 itu merupakan anak bungsu dari empat bersaudara dari Cho Choong-hoon, pendiri Hanjin Group.

Ayah Cho memulai bisnisnya dengan sebuah truk dan kemudian membangun sebuah kerajaan yang sebagian besar berada di industri transportasi. 

Sementara itu, keempat bersaudara tersebut masing-masing mewarisi sebuah maskapai penerbangan, industri berat, perkapalan, dan keuangan. Jun Ho sempat terlibat dalam perselisihan sengit mengenai warisan tersebut dengan dua kakak laki-lakinya selama satu dekade sejak 2002.

Setelah menghabiskan beberapa tahun di Korean Airlines di Eropa, dia memperoleh gelar MBA dari Institut Internasional untuk Pengembangan Manajemen di Swiss dan kembali ke negaranya pada 1989 sebagai direktur di Hanjin Investment & Securities, divisi keuangan grup tersebut.

Grup keuangan yang sekarang bernama Meritz ini memiliki perkiraan aset lebih dari US$36 triliun won pada kuartal pertama 2016.

Beredar di keluarga taipan, dia menikah dengan Koo Myeong-Jin, pada tahun 1987. Istrinya merupakan putri kedua dari pasangan ketua Ourhome Group Koo Ja Hak, yang merupakan putra ketiga pendiri LG Group Koo In Hwoi dan putri pendiri Samsung Lee Byung Chul, Lee Sook Hee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper