Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses di Dunia Kerja, Wajib Kuasai 10 Soft Skill Ini

Komunikasi menjadi soft skill dasar yang harus dimiliki semua orang ketika masuk dunia kerja.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak hanya pengetahuan akademik saja yang harus dimiliki ketika masuk ke dunia kerja, tetapi soft skill juga menjadi nilai tambah dalam meningkatkan jenjang karir.

Banyak orang rela mengeluarkan uang untuk melatih soft skill yang dimilikinya, agar lebih siap menghadapi setiap tantangan di lingkungan kerja.

Dilansir dari uk.indeed.com dan eseibusinesschool.com, Senin (13/5/2024) banyak soft skill yang bisa dilatih mulai dari kemampuan berbicara hingga penyelesaian masalah.

Berikut Soft Skill yang Harus Dikuasai di Dunia Kerja:

1. Komunikasi

Komunikasi menjadi soft skill dasar yang harus dimiliki semua orang ketika masuk dunia kerja.  Keterampilan komunikasi yang baik bisa mempermudah dalam mengungkapkan pikiran dan ide untuk mengembangkan perusahaan. 

Berikut soft skill komunikasi yang bisa dilatih

  • Komunikasi verbal: Anda bisa melatihnya dengan berbicara kepada orang lain di tempat kerja, termasuk orang-orang di berbagai tingkat organisasi. 
  • Komunikasi nonverbal: softskill ini mencakup kemampuan memahami bahasa tubuh, menjaga kontak mata yang tepat, mengatur nada suara dan kosa kata, serta menggunakan gerak tubuh untuk menunjukkan keterlibatan.
  • Komunikasi tertulis: Anda dapat berlatih menggunakan komunikasi tertulis dalam mengirimkan email perusahaan ke pihak yang dituju.
  • Komunikasi audio-visual: keterampilan dapat dilatih ketika menggunakan alat visualisasi digital seperti tayangan slide dan video saat memberikan presentasi atau bekerja di industri tertentu, seperti industri desain.
  • Mendengarkan secara aktif: Anda dilatih untuk lebih fokus pada apa yang dikatakan pembicara, menyimpan lebih banyak informasi, dan mengkonfirmasi dengan pertanyaan lanjutan bahwa Anda memahami ide dan instruksi mereka.

2. Kerja sama tim

Anda wajib memiliki soft skill kerja tim yang baik yakni mencakup kemampuan berhubungan, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan. Keterampilan ini dapat membantu dalam menyelesaikan tugas tim dengan lebih efisien, mengelola konflik, dan membangun relasi lebih luas.

3. Pemecahan masalah

Perusahaan seringkali menghadapi masalah kompleks seperti menentukan biaya layanan, cara menyusun tim, cara berinteraksi dengan lebih banyak pelanggan, atau cara terbaik untuk menciptakan produk. Individu yang memiliki kemampuan pemecahan masalah akan mampu bekerja secara kreatif memikirkan dan mengevaluasi berbagai kemungkinan solusi.

4. Berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan keterampilan menganalisis fakta untuk mengambil keputusan. Soft skill ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengembangkan produk dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi.

Berikut aspek berpikir kritis 

- Penelitian dan analisis data

- Mempertimbangkan semua kemungkinan pilihan dan hasil

- Mengelola dan memikirkan risiko dan keuntungan 

5. Sikap positif

Sikap positif artinya tetap optimis dalam bekerja apapun tugas yang diberikan. Orang yang mempunyai keterampilan ini cenderung memiliki motivasi diri cukup tinggi dalam lingkungan kerja. Karena, perusahaan lebih mempertahankan karyawan yang memiliki motivasi tinggi dan tangguh dalam bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper