Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Melissa Siska Juminto, Bos Perempuan Pertama GOTO yang Kini Beralih ke Bytedance

Melissa Siska Juminto, dari CEO GOTO kini jadi Bos Bytedance, simak profilnya
Profil Melissa Siska Juminto, Bos Perempuan Pertama GOTO yang Kini Beralih ke Bytedance/Linkedin
Profil Melissa Siska Juminto, Bos Perempuan Pertama GOTO yang Kini Beralih ke Bytedance/Linkedin

Bisnis.com, JAKARTA — Belum lama ini, PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo) menjual sebagian besar sahamnya, tepatnya 75% ke Bytedance, perusahaan induk platform media sosial TikTok, dan bakal mengganti sejumlah posisi pimpinannya.

Terbaru, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), GOTO di bawah naungan Bytedance kembali menunjuk Melissa Siska Juminto, bos perempuan pertama Tokopedia menjadi Presiden Direktur E-Commerce ByteDance.

Dalam penugasan barunya, Melissa akan bertanggung jawab untuk mengawasi dan mendorong pertumbuhan bisnis e-commerce ByteDance di Indonesia, melalui Tokopedia dan TikTok Shop.

Profil Melissa Siska Juminto

Perempuan kelahiran 1988 itu memiliki minat yang besar terhadap bidang teknologi. Dia pernah bersekolah di Temasek Polytechnic Singapura dengan mengambil Jurusan Business Information Technology pada 2004 hingga 2006. 

Selanjutnya, dia pindah ke Amerika dan melanjutkan studi ke Shoreline Community College dengan jurusan Administration Business pada 2006 hingga 2008. 

Kemudian, di tahun yang sama, Melissa kembali melanjutkan pendidikan tinggi di University of Washington dengan jurusan Accounting & Indormation System pada 2008 hingga 2010. 

Selesai menempuh pendidikan di luar negeri, Melissa kembali ke Indonesia dan mulai mendirikan bisnis, dimulai dari bisnis pakaian dan membangun startup dengan ilmu teknologi yang dia miliki. Namun sayangnya bisnisnya itu gagal.

Tak menyerah, dia kembali membangun startup yang mengumpulkan banyak voucher belanja sehingga bisa dimanfaatkan orang banyak. Namun, lagi-lagi bisnisnya tak berhasil.

Pada 2012, Melissa kemudian bergabung di Tokopedia. Saat masuk, dia menjadi pegawai Tokopedia ke-44 dan menjadi akuntan satu-satunya perusahaan saat itu dan berhasil menduduki jabatan sebagai accounting and finance lead selama 1 tahun lebih 3 bulan.

Pada 2015, Melissa kemudian dipercaya menjadi vice president of business Tokopedia, di mana dia mengemban tugas tersebut selama 7 tahun 8 bulan. 

Pada November 2016, Melissa ditunjuk menjadi managing director/chief of staff Tokopedia selama dua tahun. Dia kemudian dipercaya merangkap jabatan dengan sekaligus menjadi chief operating officer (COO).

Setelah hampir 12 tahun berkarier, dia kemudian ditunjuk sebagai CEO Tokopedia sebelum diakuisisi oleh TikTok. Di bawah tangan dinginnya, Tokopedia meraih banyak penghargaan di bawah pimpinannya di antaranya Indonesia E-Commerce Awards 2016 serta Indonesia Netizen Brand Choice Award 2017.

Pada 2022, Melissa juga meraih penghargaan sebagai Most Extraordinary Women Business Leaders.

Terbaru, melalui RUPST dan RUPSLB, Melissa tetap dipercaya oleh perusahaan induk TikTok untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai Presiden Direktur E-Commerce ByteDance.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler